> >

Ada Hari Tanpa Bayangan di Bali pada 13-15 Oktober 2024, Bisa Disaksikan di Mana dan Jam Berapa?

Bali nusa tenggara | 8 Oktober 2024, 14:36 WIB
Ilustrasi. Hari tanpa bayangan Oktober 2024. (Sumber: iStockPhoto)

BADUNG, KOMPAS.TV - Fenomena hari tanpa bayangan di Bali diperkirakan akan terjadi pada 13-15 Oktober 2024.  

Hal itu diungkapkan Koordinator Bidang Observasi Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar Dwi Hartanto.

Ia mengatakan, pada hari tanpa bayangan, cuaca akan lebih terik daripada biasanya karena matahari berada tepat di atas Pulau Bali.

“Cuaca akan lebih panas karena posisi matahari sekarang tepat berada di atas Bali,” kata Dwi di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (8/10/2024), dikutip dari Antara.

Baca Juga: Ada Hari Tanpa Bayangan Besok 8 Oktober 2024 di Jakarta, Jam Berapa Terjadi?

Mengingat cuaca lebih panas, ia mengimbau masyarakat untuk mengenakan topi atau payung untuk melindungi tubuh apabila sedang berada di luar ruangan.

Sebagai informasi, hari tanpa bayangan atau Kulminasi Utama adalah fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

Matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit yang mengakibatkan bayangan benda tegak akan terlihat menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri.

Fenomena itu terjadi karena bidang ekuator bumi/bidang rotasi bumi tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika/bidang revolusi bumi sehingga posisi matahari dari bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun antara 23,5 derajat Lintang Utara (LU) sampai dengan 23,5 derajat Lintang Selatan (LS).

Cara Melihat Hari Tanpa Bayangan

Untuk melihat hari tanpa bayangan, lanjut Dwi, masyarakat dapat meletakkan pensil atau benda yang bisa berdiri tegak kemudian diletakkan di tengah lapangan datar.  

Penulis : Dian Nita Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV, Antara


TERBARU