> >

Tempuh Perjalanan Panjang dan Sulitnya Jalan Menuju Makam di Banyumas

Jawa tengah dan diy | 4 Oktober 2024, 14:42 WIB

BANYUMAS, KOMPAS.TV - Warga Dusun Karang Kinasih, Desa Pasir Kulon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, harus menempuh perjalanan panjang untuk menuju tempat pemakaman.

Dari video amatir warga, sejumlah orang tampak harus menandu keranda jenazah dengan melewati sawah, hingga melintasi pinggir rel kereta api, karena dari dusun mereka tidak ada akses jalan menuju tempat pemakaman.

Warga bahkan harus menyewa keranda ke dusun dan desa lain, karena tidak memiliki keranda dan tempat pemandian jenazah sendiri. Untuk membantu warga, Satuan Reserse Narkoba Polresta Banyumas dan komunitas jurnalis se-Banyumas memberikan keranda dan tempat pemandian jenazah bagi warga, sehingga warga tidak perlu lagi meminjam.

“Kami masih meminjam ke Desa Sebelah, Desa Pasir Wetan. Jalannya harus melewati sawah, walaupun sawah itu dalam kondisi ada tanamannya,” tutur Muhamad Samsi, Kepala Desa Pasir Kulon.

“Tetap harus kami lewati karena adalah satu-satunya jalan yang terdekat menuju ke makam karena belum ada akses jalannya,” imbuhnya.

“Ada salah satu desa yang membutuhkan keranda. Pada kesempatan itu, kita sampaikan kepada teman-teman yang pada saat itu ada kegiatan baksos, untuk menyisihkan sebagian rejeki kami untuk kita buatkan keranda,” ujar Kompol Willy Budiyanto, Kasat Narkoba Polresta Banyumas.

“Alhamdulillah, hari ini sudah jadi dan terwujud bisa kami antar ke sini,” sambungnya.

Jalan umum menuju ke pemakaman juga akan segera dibangun, karena warga setempat telah mewakafkan tanah sepanjang 200 meter untuk jalan bagi dusun yang dihuni 16 warga ini.

#banyumas #aksespanjang #pemakaman

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU