> >

Peparnas, Transjakarta Kirim 10 Armada Bus Ramah Disabilitas

Jawa tengah dan diy | 4 Oktober 2024, 14:53 WIB

SOLO, KOMPAS.TV - Sepuluh unit bus Transjakarta dikirim untuk membantu mobilitas atlet selama Pekan Paralimpik Nasional ke-17 di Solo, Jawa Tengah. Bus ini ramah disabilitas karena mudah diakses pengguna kursi roda dan memiliki dek yang rendah.

Bus ini telah menjalani uji kelaikan yang dilakukan oleh petugas di bawah Kementerian Perhubungan. Hasilnya, semua layak jalan dan memenuhi kenyamanan bagi penyandang disabilitas.

“Di sini ada pendukung dari ibu kota dan transjakarta juga mendukung adanya Peparnas ke-XVII di Solo ini. Semua kita cek dan laik sebagai alat transportasi disabilitas,” tutur Sunardi, Kadiv Wasdal Terminal Tirtonadi.

Tak hanya armada bus saja, Transjakarta juga mengirimkan tim pendukung yang berpengalaman. Mereka diberangkatkan langsung dari Jakarta dan telah tiba semua untuk membantu pelaksanaan Peparnas.

“Ada 10 unit lower entry yang ramah penyandang disabilitas dan 34 personel kami kerahkan. Kami rangkaian 34 personel mengarah dari Jakarta menuju Solo berangkat hari Minggu (29/9/2024), pukul 08:00 WIB dan sampai di sini 19:00 WIB,” jelas Muhammad Hartono, Kadep Operasional Transjakarta.

Sebanyak 34 personel akan bertugas mengoperasikan bus ini. Mereka dilengkapi peralatan apabila armada bus memerlukan perawatan. Selain itu, ada tim teknis Kementerian Perhubungan yang memantau dan memastikan transportasi atlet serta ofisial selama peparnas aman dan lancar.

#solo #peparnas #transjakarta

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU