> >

Seribu Siswa Ikuti Mencanting Batik Tradisonal

Berita daerah | 3 Oktober 2024, 16:51 WIB

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Mencanting batik dengan lilin, diikuti seribu siswa siswi SMA Negeri 3 Kota Sukabumi, Jawa Barat, dalam rangka Hari Batik Nasional 2024. Mencanting batik yang digagas oleh salah satu perajin batik Sukabumi, dengan mengajak siswa sekolah ini selain mengenalkan batik khas Sukabumi juga kecintaan terhadap batik bisa tumbuh sejak dini.

Di hari batik ini, para siswa dikenalkan cara membatik menggunakan alat tradisional canting dengan menuangkan lilin yang dicairkan di atas kain putih menjadi motif batik sesuai dengan kreasi dan motif khas Sukabumi. Sebelum membatik, mereka membuat pola dengan motif yang akan digambar menjadi batik.

Antusias para pelajar ini cukup tinggi karena menjadi pengalaman pertama membatik dengan cara tradisional. Aksi membatik yang dipelopori pengrajin batik Sukabumi Sanaya Byshafa ini sebagai bentuk untuk mempertahankan batik khas Sukabumi lebih dikenal lebih luas.

Salah satu peserta, Citra Trikumala Caesa mengatakan, ini pengalaman pertama membuat batik langsung dengan cara tradisional. Meski mengaku kesulitan, namun membatik sangat menyenangkan dan bangga. Dan Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kota Sukabumi, Iyep Budiman, dengan membatik ini pihaknya ingin mewariskan nilai budaya dan seni terutama batik kepada para siswa.

Sementara pengrajin batik Sanaya Byshafa Sukabumi, Shafanissa Ganefiani mengaku, senang karena di hari batik nasional ini menjadi moment untuk lebih mengenalkan kepada mereka cara membuat batik tradisional.

Saat ini batik khas Sukabumi yaitu motif Kipahare yang akan dikembangkan untuk lebih dikenal lebih luas. Di Sukabumi sendiri ada beberapa jenis motif khas Sukabumi, seperti motif Pakujajar, motif pala dan motif penyu.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi
TikTok : https://www.tiktok.com/@kompastvsukabumi

Penulis : KompasTV-Sukabumi

Sumber : Kompas TV


TERBARU