> >

Keren, Lukisan Wajah dari Limbah Kemasan Obat

Jawa tengah dan diy | 3 Oktober 2024, 13:05 WIB

PURWOKERTO, KOMPAS.TV - Di mata orang lain, kardus-kardus bekas kemasan obat mungkin hanya dianggap sampah belaka. Namun, bagi Yoga Bagus Wicaksana, seorang seniman yang juga pemilik sebuah apotek di Purwokerto, Jawa Tengah, ternyata bisa dijadikan lukisan wajah yang keren dan bernilai jual.

Yoga memanfaatkan limbah kardus obat yang berasal dari apoteknya. Ia yang memiliki jiwa seni tinggi, mulai berkreasi membuat lukisan dengan metode cutting atau memotong-motong.

Kardus-kardus bekas yang telah dipilih, terutama yang memiliki warna mencolok, dirapikan. Kemudian, Yoga juga menyiapkan sketsa wajah yang akan menjadi objek karyanya. Selanjutnya kardus dipotong-potong, disesuaikan dengan bagian-bagian sketsa wajah yang akan dilukis.

“Setelah saya posting di media sosial, dari teman-teman dekat mulai pesan, tetapi kita kerjakan sesuai dengan keluangan waktu,” tutur Yoga.

“Lama pembuatan tergantung tingkat kerumitan, ada yang satu jam, ada yang dua jam. Kalau dijual mulai Rp100.000 sampai Rp150.000,” imbuhnya.

Dengan telaten Yoga memotong menggunakan pisau khusus yang tajam, mengelem, dan menempelkan potongan-potongan kardus. Dibutuhkan waktu satu hingga dua jam untuk membuat sebuah lukisan wajah, tergantung tingkat kerumitan. Jadilah lukisan wajah dari limbah kardus, unik, keren, dan berwarna-warni.

Yoga telah membuat puluhan karya lukisan dari limbah kardus. Mulai dari wajah-wajah tokoh bangsa, hingga wajah pesohor lainnya. Ia juga menerima pesanan lukisan sesuai dengan keinginan si pemesan. Untuk harga Yoga mematok antara Rp100.000 hingga Rp150.000 per lukisan.

#limbahkardus #lukisan #purwokerto

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU