> >

Makin Diminati, Produsen Batu Alam Kebanjiran Order

Jawa tengah dan diy | 3 Oktober 2024, 13:36 WIB

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Batu alam mampu membuat pembangunan baik interior maupun eksterior nampak indah dan terkesan alami. Banyaknya peminat membuat angka permintaan batu alam mengalami kenaikan.

Salah satu produsen batu alam ini berada di Desa Karanganyar, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Material-material batu alam sebagai bahan baku didatangkan dari sebuah bukit di daerah Wonogiri dan Gunungkidul.

Setibanya di lokasi, batu-batu tersebut kemudian dipotong dan dibentuk sesuai yang diinginkan konsumen. Ada yang sengaja dibiarkan alami, namun ada pula yang dibuat halus dan licin. Produksi batu alam ini kebanyakan dipakai untuk dinding maupun lantai.

Menurut pemilik usaha batu alam, Budi Santosa, batu alam hasil produksi kebanyakan dipesan oleh konsumen dari Pulau Bali. Ada juga pesanan dari daerah sekitar Solo Raya. Namun, jumlahnya tidak banyak.

“Orderan sampai ke Bali, lokal ada cuma sedikit. Untuk permintaanya saat ini full. Sangat banyak sampai kewalahan. Yang paling diminati itu batu paras putih Jogja,” tutur Budi Santosa.

Untuk ukuran produksi beraneka ragam. Mulai dari terkecil 10x10 hingga 60x60 centimeter. Sementara itu, harga paling murah mulai dari Rp90.000 hingga Rp500.000 ribu per meter. Dalam sehari, Budi dapat mengirim orderan antara 10 hingga 12 ton.

#batualam #sukoharjo #karanganyar

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU