> >

Sukarelawan Peparnas Diberi Pembekalan Penanganan Disabilitas

Jawa tengah dan diy | 2 Oktober 2024, 15:43 WIB

SOLO, KOMPAS.TV - Menjelang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII, ratusan orang sukarelawan mendapatkan pelatihan dari dinas perhubungan.

Pelatihan ini dilakukan di Terminal Bus Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Senin (30/9/2024) siang. Ada 130 orang sukarelawan khusus bidang transportasi yang berpartisipasi. Mereka akan bertanggung jawab atas transportasi peserta, baik dari hotel ke venue atau tempat latihan dan sebaliknya.

Mereka dilatih mengoperasikan kendaraan khusus, untuk mengangkut atlet berkursi roda. Hal tersebut memerlukan keterampilan, karena harus memfasilitasi atlet dalam jumlah banyak, sementara relawannya sedikit. Satu kendaraan, dapat mengangkut empat orang atlet berkursi roda. Sementara untuk armada, panitia dibantu Kementerian Perhubungan.

“Sama seperti ASEAN Para Games kemarin, armada yang utama dari Kemenhub, baik bus maupun hiace yang ramah disabilitas,” ujar Rima Ferdianto, Sekretaris PB Peparnas XVII.

“Ini ada tambahan lagi dari Pemprov DKI Jakarta menggunakan Transjakarta, armada low deck, agar bisa melayani ramah disabilitas dengan maksimal,” sambungnya.

“Kemudian ada dari Dishub Solo, Sukoharjo, kemudian Karanganyar, dan Boyolali, ada peran di situ” imbuhnya.

Kendaraan yang digunakan beragam, tetapi khusus yang digunakan di Peparnas XVII memang membutuhkan keterampilan. Terutama dengan ukuran sedang, sehingga tingkat mobilitasnya lebih tinggi.

#solo #peparnas #sukarelawan

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU