> >

4 Orang di Pandeglang Tewas Tersambar Petir saat Berteduh di Saung, Begini Kronologinya

Banten | 1 Oktober 2024, 17:05 WIB
Ilustrasi petir. Empat orang tewas usai tersambar petir di area persawahan di Desa Pasir Sedang, Kecamatan Picung, Kabupaten Pandeglang, Banten, pada Senin (30/9/2024). (Sumber: Gabriel Tovar on Unsplash)

PANDEGLANG, KOMPAS.TV - Empat orang tewas usai tersambar petir di area persawahan di Desa Pasir Sedang, Kecamatan Picung, Kabupaten Pandeglang, Banten, pada Senin (30/9/2024).

Kapolsek Picung, Iptu Arry Zuwono mengungkapkan kejadian tersebut terjadi Senin siang, sekitar pukul 14.00 WIB.

"Pada Senin 30 September (2024, -red) sekira jam 14.00 WIB di area persawahan Blok Bojong Hunyur, Kampung Rancamulya, Desa Pasirsedang, Kecamatan Picung, Kabupaten Pandeglang, telah terjadi musibah beberapa orang warga tersambar petir," kata Iptu Arry, Selasa (1/10), seperti dilaporkan jurnalis KompasTV.

Menurut penjelasannya, mulanya para petani yang berjumlah 14 orang yang sedang panen di sawah tersebut berteduh di sebuah saung saat hujan turun.

Namun saat berteduh, tiba-tiba petir menyambar saung yang digunakan untuk berteduh tersebut.

"Menurut keterangan saksi, jadi ada sekitar 14 orang yang berada di saung tersebut, jadi saat terjadi sambaran petir ada 14 orang," ujarnya.

Ia menyebut dari 14 orang tersebut empat diantaranya meninggal dunia dan satu orang mengalami luka akibat tersambar petir.

"Empat orang (meninggal). Sedangkan didapati juga satu orang luka," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia pun menyampaikan imbauan kepada seluruh masyarakat utamanya yang berada di luar ruangan untuk menghindari pohon tinggi saat hujan turun dan muncul petir.

"Sementara ini sudah menjelang musim penghujan dan sering kali terjadi petir," ucapnya.

"Imbauan kami untuk masyarakat yang sedang memanen atau berada di lapangan terbuka, silakan anda menghindari pohon yang tinggi," sambungnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk mencari tempat yang aman untuk berlindung.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV, IG BMKG


TERBARU