> >

Menikmati Milu Siram, Kuliner Khas Gorontalo

Sulawesi | 30 September 2024, 16:50 WIB

GORONTALO, KOMPAS.TV - Selain dikenal sebagai daerah peng- ekspor  jagung , Gorontalo juga  dikenal dengan makanan khas daerah yang terbuat dari jagung, namanya milu siram.  Makanan ini un sudah ada sejak lama dan hingga kini masih jadi buruan warga. Seperti apa rasanya, berikut liputannya.

Inilah warung makan yang kini dikenal banyak orang, bukan saja warga lokal tetapi warga luar daerah bahkan mancanegara.

Kebanyakan warga pendatang menyebut, kalau berkunjung ke Gorontalo tak akan lengkap jika tidak mampir dan mencicipi milu siram di warung makan ini.

Sejak awal, warung makan ini memang dikenal warga dengan milu siramnya atau binte biluhuta, sebagai makanan khas daerah Gorontalo.

Banyakyang yang penasaran dengan milu siram lantaran rasanya yang begitu nikmat.  Milu siram memang terbuat dari bahan jagung jenis tersendiri yakni jagung pulo, yang kemudian kelapa parut serta berbagai jenis rempah.

Warung makan shakina tersebut terletak di desa tuladenggi kecamatan telaga kabupaten Gorontalo ada dan sudah ada sejak tahun 1986.

Kini warung makan ini menjadi tempat makan favorit warga, tak terkuali warga luar daerah. Tak jarang artis dan pejabat selalu mampir mencicipi milu siram di warung makan ini.

Setiap hari, warung makan ini tak pernah sepi dari pengunjung.  Setiap harinya ada sekitar 200 porsi milu siram yang laku terjual.

Setiap hari pengelolah menyiapkan delapan sampai sepuluh liter jagung pulo sebagai bahan baku milu siram.

Selain menyajikan milu siram, warung makan ini juga menyiapkan beragam ikan bakar dari jenis ikan danau dan ikan laut.

Bagi anda yang masih penasaran, patut dicoba jika berkunjung ke gorontalo  mampir dan mencicipi milu siram warung makan shakina.

 

 

#warungmakan

#makanankhasgorontalo

#makantradisionalindonesia

Penulis : KompasTV-Makassar

Sumber : Kompas TV


TERBARU