> >

Kemarau Panjang di Kulon Progo, Warga Andalkan Bantuan Air Bersih

Jawa tengah dan diy | 30 September 2024, 16:56 WIB

KULON PROGO, KOMPAS.TV - Petugas dari Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kulon Progo dibantu relawan masih terus melakukan pendistribusian air bersih ke sejumlah desa yang mengalami kekeringan, salah satunya di Pedukuhan Kadigunung, Hargomulyo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Dampak musim kemarau panjang tahun ini membuat sumur dan mata air warga mengering.

Lebih parahnya lagi, jaringan Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau Pamsimas yang ada di desa mereka juga turut mengering sejak tiga bulan terakhir.

Warga pun kini kesulitan mendapatkan pasokan air bersih untuk keperluan rumah tangga mereka. Sedikitnya terdapat 62 kepala keluarga di pedukuhan ini yang kesulitan mendapatkan air bersih. Mereka hanya mengandalkan bantuan tangki air bersih baik dari pemerintah daerah ataupun swasta.

“Mata air ada, tapi sudah mengering. Sudah mengering karena waktu dulu ada kendala pipanya rusak. Jadi, sampe sekarang airnya susah. Tidak mencukupi untuk kebutuhan warga,” ujar Sarijo, warga.

Menyikapi kesulitan warga di Kabupaten Kulon Progo ini, sekelompok pemuda Karang Taruna Anom Mayong, dari Srandakan, Bantul menggelar bakti sosial dengan mendistribusikan tiga tangki air bersih.

“Harapannya, semoga apa yang kita lakukan dari teman-teman Anom Mayong dapat berguna bagi masyarakat yang membutuhkan, karena kita sifatnya masyarakat sosial, jadi kita saling membantu,” tutur Fajar Zaenudin, Pembina Karang Taruna Anom Mayong.

Menanggapi bencana kekeringan yang semakin meluas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulon Progo telah menetapkan status tanggap darurat, pada 11 September lalu. Sebanyak 23 kalurahan di 7 kapanewon yakni Kokap, Samigaluh, Girimulyo, Kalibawang, Pengasih, Panjatan, dan Sentolo, rawan terdampak bencana kekeringan tahun ini.

Selain pendistribusian tangki air bersih, BPBD Kulon Progo juga menyiapkan anggaran untuk pengadaan terpal, yang digunakan sebagai penampungan air sementara di sejumlah titik lokasi warga yang terdampak kekeringan.

#kekeringan #bencana #kulonprogo 

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU