> >

Pj Gubernur Jateng Apresiasi Seminar Nasional Seri III ASKOMPSI

Jawa tengah dan diy | 27 September 2024, 15:15 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana secara resmi membuka Seminar Nasional Seri III Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Nana juga memuji tema yang diusung dalam Seminar Nasional ASKOMPSI 2024 tersebut, yaitu Penguatan Kedaulatan Ruang Siber Menyongsong Indonesia Emas 2045. Menurut Nana, tema ini sangat relevan di era transformasi digital khususnya bagi dinas komunikasi dan informatika (diskominfo) sebagai penyelenggara urusan komunikasi dan informatika di daerah. Diharapkan dengan Seminar Nasional kali ketiga ini bisa meningkatkan profesionalitas dan pengetahuan diskominfo.

“Ajang silahturahmi ini tentunya hal yang sangat baik untuk menyatukan presepsi sehingga menjadi satu misi yang memang mampu memperkuat dan juga meningkatkan profesionalitas,” ujar Nana.

Sementara itu, Ketua ASKOMPSI sekaligus Kepala Diskominfo Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Faisal mengatakan, alasannya memilih Jateng sebagai penyelenggara seminar nasional karena sistem pemerintahan berbasis elektronik Jawa Tengah tertinggi di Indonesia di tahun 2023. Selain itu, hasil indeks keterbukaan informasi publik Jateng selalu terbaik di enam tahun berturut-turut.

“Kenapa kita pilih Jawa Tengah? Karena memang yang terbaik di Indonesia 2024 ya Jawa Tengah. Kedua, untuk hasil indeks keterbukaan informasi juga Jawa Tengah bagus sekali, lima sampai enam tahun berturut turut nilainya di atas delapan terus,” ujar Faisal.

Diharapkan diskominfo seluruh daerah bisa lebih waspada kedepannya agar tidak ada lagi serangan siber, termasuk kebocoran data. Oleh karena itu penanganan keamanan informasi harus ditangani bersama terutama Sumber Daya Manusia (SDM).

 

#seminarnasional #diskominfo #semarang

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU