> >

KAI Divre III Palembang Raih Penghargaan Rekor MURI dan Dukung Program Pengentasan Kemiskinan

Berita daerah | 25 September 2024, 21:12 WIB
KAI Divre III memberikan bantuan 300 paket sembako untuk 300 warga yang masuk kategori menengah ke bawah di kelurahan Kertapati, kelurahan Kramasan dan kelurahan Karya Jaya. (Sumber: Humas PT KAI Divre III Palembang)

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Dalam rangka peringatan ke -79 tahun Republik Indonesia dan usia ke-79 tahun PT Kereta Api Indonesia (Persero), Divisi Regional III Palembang mendapatkan kado berupa  penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Penganugerahan rekor MURI didapatkan setelah Divre III melaksanakan pemasangan bendera merah putih terbanyak di rangkaian gerbong kereta api batubara, yakni sepanjang 33 gerbong kontainer batubara petak jalan Stasiun Kramasan menuju stasiun Kertapati.

MURI mengapresiasi upaya Divre III dan memberikan piagam dengan tajuk rekor “Pemasangan Bendera Merah Putih Terbanyak di Gerbong Kereta Api Batubara".

EVP Divre III Palembang, Januri menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) di stasiun Kramasan, Rabu (25/09/2024). Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Senior Manager MURI Triyono.

Triyono mengatakan bahwa MURI adalah sebuah lembaga non provit yang mencatatkan karsa, karya dan prestasi luar biasa dari setiap warga bangsa Indonesia.

“Catatan-catatan ini diharapkan dapat menginspirasi setiap orang. Pada kesempatan ini MURI menyerahkan piagam penghargaan atas rekor yang dicatatkan yaitu Pemasangan Bendera Merah Putih Terbanyak di Gerbong Kereta Api Batubara dipersembahkan kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang,” ujarnya.

Selanjutnya EVP Divre III Palembang mengungkapkan bahwa tercapainya rekor MURI ini adalah berkat kerja sama seluruh jajaran pekerja Divre III Palembang. “Semoga kolaborasi antar unit tidak sampai di sini saja. Mari terus tingkatkan dengan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat secara khusus pelanggan KA. Ini adalah persembahan hadiah ulang tahun Republik Indonesia dan KAI. Angkutan batubara menggunakan kereta api merupakan angkutan utama di Divre III dan menjadi bagian penting dalam mendukung pengembangan perekonomian di wilayah Sumatera Selatan.

Adapun pelaksanaan pemasangan bendera merah putih terbanyak di rangkaian gerbong kereta api batubara, KAI Divre III mengerahkan 100 pekerja dari berbagai unit dan  jabatan dengan menyiapkan 264 bendera merah putih ukuran 2x3 meter, di mana setelah kegiatan anugerah rekor MURI ini bendera tersebut akan dipasang ke seluruh kantor unit kerja di wilayah Divre III Palembang,  dari Kertapati sampai dengan Lubuklinggau. Hal ini untuk mengingatkan kembali kepada seluruh insan KAI bahwa semangat para pejuang bangsa dalam merebut kemerdekaan dari penjajah, sehingga sebagai generasi penerus bangsa, insan KAI mengisi kemerdekaan ini dengan bekerja sungguh-sungguh sesuai tugasnya.

Selanjutnya sebagai bentuk dukungan KAI kepada program pemerintah daerah dalam pengentasan kemiskinan di wilayah Sumatera Selatan, KAI Divre III juga memberikan bantuan 300 paket sembako untuk 300 warga yang masuk kategori menengah ke bawah di kelurahan Kertapati, kelurahan Kramasan dan kelurahan Karya Jaya. Program ini merupakan bentuk dukungan dan kepedulian PTKAI melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yg dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan di wilayah Operasional Divre III Palembang dari Kertapati- Lubuklinggau.

Penulis : KompasTV-Palembang

Sumber : Kompas TV Palembang


TERBARU