> >

Gempa Bumi M 5 Terjadi di Bandung Pagi Ini, BMKG: Getaran hingga Lembang dan Garut

Jawa barat | 18 September 2024, 10:47 WIB
Gempa bumi magnitudo 5 guncang Kabupaten Bandung Jawa Barat pada Rabu (18/9/2024) (Sumber: maps google.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa bumi magnitudo 5,0 yang terjadi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat terasa hingga Lembang dan Garut.

Sebagai informasi, gempa M 5.0 mengguncang Bandung, Jawa Barat pagi ini, Rabu, 18 September 2024 pukul 09.41 WIB.

Pusat gempa Bandung pagi ini berada di darat 24 Km Tenggara Kabupaten Bandung dengan kedalaman 10 km, pada Koordinat: 7.19 LS 107.67 BT.

BMKG menginformasikan, gempa di Bandung pagi ini tidak berpotensi tsunami. Hal tersebut disampaikan BMKG melalui akun Twitter atau X @infoBMKG.

"#Gempa Mag:5.0, 18-Sep-24 09:41:08 WIB, Lok:7.19 LS,107.67 BT (24 km Tenggara KAB-BANDUNG-JABAR), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG," tulis BMKG, hari ini.

Baca Juga: BMKG: Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang Bandung Jawa Barat, Tidak Berpotensi Tsunami

Berdasarkan skala MMI yang dikutip dari laman BMKG, berikut jangkauan getaran gampa bumi Bandung, Jawa Barat.

III MMI di Banjaran, getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah. Getaran terasa seakan-akan ada naik di dalam truk yang berjalan.

II-III MMI di Lembang, Parompong, Kab. Bandung Barat, Baleendah, Garut. Di sana getaran atau guncangan gempa dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung seperti lampu gantung bergoyang.

III-IV MMI Majalaya. Pada saat siang hari dapat dirasakan oleh orang banyak di dalam rumah, di luar rumah oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu bergoyang hingga berderik dan dinding berbunyi.

Penulis : Dian Nita Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU