> >

Dilanda Kemarau Panjang, Warga Alami Krisis Air Bersih

Jawa tengah dan diy | 11 September 2024, 12:58 WIB

BLORA, KOMPAS.TV - Akibat dilanda kemarau panjang, warga di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mengalami krisis air bersih. Untuk mendapatkan air bersih, warga harus keluar desa untuk mendapatkan bantuan air bersih dari Polres Blora.

Sebanyak 10 tangki air bersih disalurkan Polres Blora untuk membantu warga. Warga mengaku sudah dua bulan mengalami krisis air bersih. Kemarau panjang membuat sumber air  di sumur mereka  habis.

“Sangat senang karena sejak (bulan) Agustus sampai sekarang sudah kekeringan air. Biasnya (cari air) di sumur sawah, jaraknya 200 meter,” ujar Kusaeni, warga.

“(Di sini air bersih) sulit. Udah (sekitar) dua bulan (atau) tiiga bulan (kesulitan mendapatkan air bersih). Kalau musim kemarau susah,” ucap Sri, warga.

“Untuk pemberian bantuan sosial berupa air bersih, rencanya kita akan mengirimkan 40 tangki, sudah di-launching sebanyak 10 tangki, itu sebagai tahap pertama. Tahap berikutnya nanti yang 30 tangki berikutnya. Kita (juga) sudah mapping, tempatnya untuk memberikan air bersih,” tutur AKP Felik, Kasatlantas Polres Blora.

Warga berharap bantuan serupa juga diberikan oleh pihak lain.

#kekeringan #krisisairbersih #blora

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU