> >

Walau Hujan, Ratusan Warga Indonesia di Vancouver Memeriahkan Perayaan HUT RI Ke-79

Sulawesi | 21 Agustus 2024, 12:52 WIB
Upacara HUT RI dihadiri oleh Menteri Urusan Kota (Municipal Affairs) Provinsi British Columbia, Anne Kang bersama kurang lebih 500 warga Indonesia yang berasal dari kota Vancouver (Sumber: istimewa)

VANCOUVER, KOMPAS.TV - Di tengah hujan, ratusan WNI dan diaspora Indonesia tetap semangat mengikuti upacara dan perayaan HUT ke-79 RI pada tanggal 18 Agustus 2024 berlokasi di Edmonds Park, Burnaby. Kegiatan ini diawali dengan Upacara Pengibaran Bendera oleh pasukan paskibra yang terdiri dari 17 mahasiswa Indonesia yang belajar di Kota Vancouver dan Kelowna. Selain itu, terdapat pula kelompok paduan suara yang beranggotakan 23 orang mahasiswa serta profesional Indonesia.

Acara ini dihadiri oleh Menteri Urusan Kota (Municipal Affairs) Provinsi British Columbia, Anne Kang bersama kurang lebih 500 warga Indonesia yang berasal dari kota Vancouver dan kota-kota lainnya di Provinsi British Columbia. Pada kesempatan ini, Konjen RI, Hendra Halim, juga melakukan pemotongan tumpeng bersama dengan Menteri Anne Kang.

Ibu Mimi Jamal, salah satu Diaspora Indonesia yang telah tinggal lebih dari 40 tahun menyampaikan bahwa beliau sangat terkesan dengan upacara dan perayaan HUT RI tahun ini karena selama ini selalu dilakukan di KJRI Vancouver atau Wisma Indonesia yang tempatnya sangat terbatas dan tidak bisa dihadiri seluruh warga.

Konjen RI dalam amanatnya meminta agar masyarakat Indonesia di pantai barat Kanada terus berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia maupun lingkungannya. Warga dihimbau pula untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta menghormati perbedaan selama itu tidak merusak kesatuan bangsa dan kebersamaan.

Seusai upacara dan menikmati konsumsi bubur kacang hijau dan nasi kuning, warga selanjutnya merayakan HUT RI Ke-79 yang dimulai dengan perlombaan peragaan pakaian tradisional oleh peserta upacara. Perayaan ini juga dimeriahkan dengan perlombaan dan permainan tradisional khas Indonesia seperti lomba makan kerupuk, lomba kelereng, memasukkan pena dalam botol, balap karung, dan ditutup oleh tarik tambang. Berbagai hadiah, termasuk door prize juga disediakan untuk peserta dan masyarakat yang hadir.

Perayaan HUT RI ini tidak hanya diikuti oleh Warga Indonesia tetapi juga warga setempat, termasuk international student dari negara lain. Seluruh warga sangat antusias mengikuti acara ini dan hadir sampai pukul 6 sore ketika acara berakhir.

Perayaan HUT RI Ke-79 ini juga dimeriahkan dengan berbagai dengan festival makanan Indonesia dari 14 vendor makanan nusantara seperti tahu petis, nasi bali, ketoprak, nasi padang, siomay, dan makanan lainnya.

Kemeriahan dan kesuksesan acara Perayaan HUT RI Ke-79 di Vancouver ini tidak terlepas dari kolaborasi dan dukungan dari berbagai organisasi masyarakat Indonesia di Vancouver seperti Permika Vancouver, Permika Nasional, Permai BC, dan Authentic Indonesian Food. Selain itu juga terdapat sponsor dari sejumlah perusahaan Indonesia yang terdapat di Vancouver maupun individu-individu yang menyumbang konsumsi.

Secara keseluruhan, rangkaian acara berlangsung dengan sukses dan lancar. Sehari sebelumnya juga telah dilakukan Upacara Bendera pada tanggal 17 Agustus 2024 di Wisma Indonesia Vancouver yang juga berlangsung khidmat.



#HUTRI79
#kanada
#dubesindonesia

Penulis : KompasTV-Makassar

Sumber : Kompas TV


TERBARU