> >

Catat! Ini Rekayasa Lalin saat Kirab Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi dari Monas ke Halim

Jabodetabek | 9 Agustus 2024, 22:45 WIB
Ilustrasi. Kereta Kencana Ki Jaga Raksa yang membawa Bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi mengikuti kirab usai upacara Penurunan Bendera HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023). (Sumber: Antara)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Polda Metro Jaya akan melakukan rekayasa lalu lintas di jalan-jalan yang akan menjadi jalur kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan naskah teks proklamasi. Yaitu dari Istana Negara ke Halim Perdana Kusuma sebagai rangkaian persiapan peringatan HUT Ke-79 RI.

Kirab akan dilakukan pada Sabtu (10/8/2024) pagi. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan, rekayasa lalin akan dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir tentatif.

"Mulai kegiatan jam 07.00 WIB, rekayasa lalu lintas dimulai dari area Monas hingga Jalan Gatot Subroto," kata Latif di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Jumat (9/8).

Berikut alur rekayasa lalu lintas saat kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan naskah teks proklamasi di Jakarta:

Baca Juga: Jadwal Kirab Bendera Pusaka Merah Putih dari Monas ke IKN, Heru Budi: 3.000 Orang akan Hadir

1. Saat rangkaian dan pawai start dalam cawan Monas sisi utara, arus lalu lintas dari arah Harmoni menuju Bundaran Patung Kuda dialihkan, jalan di depan Kemenhub ditutup.

2. TransJakarta tetap beroperasi normal. Saat iring-iringan pawai dan rangkaian bendera tiba di Patung Kuda, arus lalu lintas sepanjang MH Thamrin mulai dikurangi

3. Saat rombongan pawai memasuki cawan Monas barat daya, iring-iringan rangkaian pembawa bendera dan teks proklamasi start, arus lalu lintas sepanjang Jalan MH Thamrin disterilkan. 

4. Ketika rangkaian sampai di Bundaran HI, arus lalu lintas dari Bundaran Patung Kuda sampai Traffic Light (TL) Sarinah dinormalkan. Arus lalu lintas dari Bundaran HI sampai Semanggi disterilkan. 

Baca Juga: Pemda Siapkan Undangan untuk Warga Sekitar IKN Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di Nusantara

5. Ketika rangkaian sampai di Bandung 9, arus lalu lintas dari arah Barat menuju Timur ditahan sementara. Ketika rangkaian sampai di depan Hotel Mangkuluhur (GT Semanggi I) arus lalu lintas sepanjang Jl MH Thamrin dinormalkan. 

6. Ketika rangkaian sampai di layang Ende 3, arus lalu lintas dari arah barat menuju timur dinormalkan.

Penulis : Dina Karina Editor : Iman-Firdaus

Sumber : kompas tv/Antara


TERBARU