> >

PT Agincourt Resources Perluas Lahan Pembibitan dan Bangun Laboratorium Mikoriza

Sumatra | 29 Juli 2024, 17:11 WIB

TAPANULI SELATAN, KOMPAS.TV - Tambang Emas Martabe yang dikelola oleh PT Agincourt Resources sejak awal beroperasinya telah memiliki lahan pembibitan yang menjadi langkah penting dalam mendukung program reklamasi lahan.

Dengan daya tampung sebanyak 50 ribu bibit, lahan pembibitan milik PT Agincourt Resources kini telah mencapai 6 ribu meter persegi, atau 2 kali lebih luas dari sebelumnya

Saat ini, terdapat lebih dari 39 ribu bibit lokal yang diperoleh dari pengambilan anakan maupun biji langsung dari hutan di areal operasi pertambangan.

Beberapa jenis pohon tersebut seperti torop, simarbaliding, medang, pulai, kruing, kemenyan,hingga kapur barus.

Berbagai metode pembibitan juga diterapkan untuk mendukung proses reklamasi lahan seperti metode seed ball yang dikhususkan pada lahan dengan lereng curam dan sulit dijangkau.

Sebagai tanggung jawab mengembalikan kondisi lingkungan dan mengurangi dampak negatif akibat pertambangan, PT Agincourt Resources hingga pertengahan tahun ini telah melaksanakan reklamasi lahan seluas 64 hektare.

Selain reklamasi, pengayaan atau restorasi juga dilakukan dengan penanaman bibit pada hutan areal konservasi.

Tidak sebatas peningkatan produksi bibit, PT Agincourt sejak Tahun 2023 telah memiliki fasilitas laboratorium mikoriza untuk analisis jenis mikoriza serta perbanyakannya. (*)

#pembibitan #agincourtresources #reklamasi #konservasi #sumaterautara #sumut #medan #beritamedan #beritadaerah

------------

Penulis : KompasTV-Medan

Sumber : Kompas TV


TERBARU