> >

Nikmati Sajian Kuliner Dari Timur Indonesia

Sulawesi | 17 Juli 2024, 12:33 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Selain terkenal dengan keindahan alam yang memesona wilayah Indonesia Timur juga memiliki ragam kuliner yang menggugah selera. Kali ini kita akan melihat sekaligus menikmati kuliner ikan pallumara dan juga kambing colo-colo.  

Ragam makanan olahan ikan hingga daging jadi yang paling banyak diminati. Campuran beragam rempah hingga sambal membuat ragam kuliner kota daeng selalu dinanti.

Palumara merupakan kuliner dengan bahan dasar ikan dan jadi salah satu kuliner khas Sulawesi Selatan. Namun di tempat ini ikan yang digunakan bukan bandeng seperti pada umumnya melainkan ikan tuna. Olahan ikan tuna akan di ramu dan dicampur dengan beragam rempah. Tambahan kuah kuning membuat rasanya semakin menggugah selera.

Selain palumara kuliner khas Sulawesi Selatan. Kuliner lain juga tersedia di tempat ini. Sesuai nama restorannya kuliner yang disiapkan merupakan kuliner khas dari Timur Indonesia. Diantaranya kambing bakar sambal colok-colok dan juga papeda bubur sagu yang biasanya dihidangkan bersama dengan ikan kuah kuning.

Makanan khas dari berbagai daerah punya cita rasa sendiri dan juga penikmat tersendiri.

Di kenal dengan tagline Makassar Kota makan enak anda bisa menemukan banyak sekali kuliner lezat di Kota Daeng kali ini saya akan mengajak anda untuk menikmati kuliner khas Makassar ikan pallumara, di kenal menggunakan bahan baku ikan bandeng, tapi di Timur resto yang berlokasi di Nipah park Makassar, anda bisa mencoba kreasi tuna pallumara.

Pallumara adalah olahan makanan rumahan biasanya menggunakan ikan bandeng dan kuah kuning dengan rasa asam dan gurih, berasal dari campuran rempah dan buah belimbing yang memberikan rasa asam, pallumara kerap di jadikan hidangan harian bagi warga Makassar tapi di Timur resto pallumara di buat menggunakan ikan tuna memberikan rasa yang mewah dan lezat.

Ragam kuliner khas Indonesia Timur yang ada di sini timur resto juga menawarkan kambing colok-colok dan paped.

Beberapa diantaranya sangat populer seperti pallumara kambing bakar colo-colo dan papeda. Ketiga kuliner ini punya cita rasa yang lezat dan mengiurkan.

Yang pertama ada pallumara hidangan ini terbuat dari bahan dasar ikan berkuah berwarna kuning dengan bahan utama potongan daging ikan. Selain ikan bandeng dan kakap ikan tuna juga dapt di gunakan sebagai bahan utama hidangan in kuah asam memberikan nuansa kaldu ikan yang khas. Kemiri bawang merah bawang putih dan daun kunyit merupakan rempah utama hidangan ini.

Ditambah tomat dan belimbing membuatnya jadi lebih segar selanjutnya ada daging kambing bakar dengan sambal colo-colo. Colo-colo merupakan sambal khas dari timur khususnya dari Ambon Maluku yang biasanya disantap dengan daging atau ikan bakar. Kata colo -colo sendiri berasal dari bahasa Ambon yang dalam bahasa Indonesia berarti celup.

Dimana daging dicelupkan pada sambal sehingga munculah sebutan colo-colo. Sambal colo-colo terbuat dari irisan bawang merah cabai rawit, tomat, dan jeruk nipis yang dicampur dan ditambahkan sedikit air dan garam.

#kuliner

#sajianindonesiatimur

#pallumara

 

Penulis : KompasTV-Makassar

Sumber : Kompas TV


TERBARU