> >

Hadiri apel siaga Nasional GAMKI, Gibran: hindari saling fitnah saat kampanye

Berita daerah | 29 November 2023, 20:09 WIB

TORAJA, KOMPAS.TV - Tokoh Muda Nasional Gibran Rakabuming Raka Memenuhi Janjinya Kepada Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (Gamki) Untuk Menghadiri Apel Siaga Nasional Brigade Serbaguna (Brigsena) Gamki, Minggu 26 November 2023 Di Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

"GAMKI mengundang Mas Gibran sebagai tokoh muda Nasional yang telah banyak menginspirasi generasi muda. Hari ini pertama kalinya beliau ke Toraja. Beliau tadi sangat senang melihat keramahan masyarakat Toraja dan berjanji tahun depan akan datang lagi ke Toraja,” kata Ketua Umum GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat.

Dalam apel siaga, sahat menyampaikan komitmen gamki untuk menyukseskan pemilu yang damai, demi terwujudnya visi indonesia emas 2045.

"Setiap orang bebas memilih, tapi juga harus cerdas memilih. Tidak perlu ada paksaan, fitnahan, ataupun ribut karena beda pilihan. Anak muda tidak suka dipaksa. Mari kita jalani Pemilu ini dengan gembira, tanpa ada polarisasi. Karena untuk menjadi negara maju, kita harus berkolaborasi, bergotong-royong. Pemilu ini hanya sementara, Indonesia selamanya," ujar Sahat.

"Generasi muda harus percaya diri, mencari solusi, terus bergerak, memimpin dan melayani. Jangan seorangpun menganggap kita rendah karena kita muda. Mari kita generasi muda menjadi teladan, dalam pikiran, perkataan, dan tindakan," pungkas Sahat.

Sementara itu gibran rakabuming raka dalam sambutannya mengimbau masyarakat toraja untuk tetap menciptakan suasana yang aman, damai, dan kondusif menyongsong pemilu 2024.

"Beda pilihan boleh. Beda jagoan juga boleh. Yang penting rukun semua. Tidak saling menjelekkan, tidak saling fitnah. Pokoknya warga Tana Toraja dan Toraja Utara harus saling jaga," kata Gibran.

KEHADIRAN GIBRAN RAKABUMING RAKA INI DISAMBUT MERIAH OLEH RIBUAN KAUM MILENIAL DAN WARGA TORAJA UTARA yang tumpah ruah di lokasi kegiatan.

Sebelumnya GIBRAN RAKABUMING RAKA BERKUNJUNG KE KANTOR PUSAT BADAN PEKERJA SINODE (BPS) GEREJA TORAJA, YANG BERTEMPAT DI TONGKONAN SANGULLELE, RANTEPAO, KABUPATEN TORAJA UTARA, Minggu (26/11/23).

Kedatangannya disambut sukacita oleh Ketua Umum BPS Gereja, Pendeta DR. Alfred YR. Anggui dan langsung disematkan selendang dan topi khas Toraja. Gibran datang bersama istri, Selvi Ananda, didampingi Emil Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur beserta rombongan.

Setelah disambut di depan BPS Gereja Toraja, Gibran beserta rombongan menaiki lantai 2 kantor BPS Gereja Toraja untuk bersantap siang bersama dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat Toraja.

Gibran terlihat langsung mencicipi ayam kampung kuah kuning dan sup khas Toraja. Gibran mengaku makanan Toraja yang dicicipinya penuh rempah.

Dalam kesempatan tersebut, Pendeta Alfred mengundang Gibran Rakabuming untuk menghadiri kegiatan akbar yang akan digelar Gereja Toraja pada bulan November 2024, yakni menjadi tuan rumah Sidang Raya PGI.

"Saya janji untuk datang di Sidang Raya PGI tahun depan, terima kasih Toraja," ungkap Gibran.

Sidang Raya Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) adalah agenda lima tahun yang akan dihadiri setiap perwakilan delegasi gereja-gereja dari seluruh Indonesia di bawah naungan PGI.

Pendeta Alfred memberikan kepada Gibran ukiran Toraja berbentuk persegi panjang dengan lambang Gereja Toraja di tengahnya serta ukiran bermotif Pa'Ulu Karua.

"Dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki, mereka diharapkan bisa mengatur, mengelola perkembangan bangsa ini semakin hari menjadi semakin baik. Menuju Indonesia Emas 2045," kata Pendeta Alfred Anggui.

Ukiran bermotif Pa'Ulu Karua memiliki makna atau harapan agar seseorang memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi untuk kepentingan masyarakat, mampu mendeteksi situasi-situasi yang berkembang dalam masyarakat, serta memiliki hati yang lurus dan pikiran yang lurus.

"Kita sambut sukacita kehadiran Mas Gibran dan Mbak Selvi Ananda di Tongkonan Sangullele. Ini momentum berharga untuk memberikan kontribusi pemikiran bagi pengembangan kehidupan masyarakat Toraja secara khusus, Indonesia secara lebih luas," tutup Ketum Alfred Anggui.


#tvpemilu
#pemilu 2024
#kampanye

Penulis : KompasTV-Makassar

Sumber : Kompas TV


TERBARU