> >

Dibangun Sejak 2013, Sodetan Ciliwung Akhirnya Diresmikan Jokowi

Jabodetabek | 31 Juli 2023, 10:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Proyek Sodetan Ciliwung di Jakarta Timur, Senin (31/8/2023). Jokowi mengatakan, Sodetan Ciliwung akan membuat 6 kelurahan bebas banjir. (Sumber: Tangkapan layar Breaking News Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Proyek Sodetan Ciliwung di Jakarta Timur, Senin (31/8/2023). Jokowi mengatakan, Sodetan Ciliwung akan membuat 6 kelurahan bebas banjir. 

Proyek ini diinisiasi Jokowi saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2012. Saat itu terjadi banjir besar di Jakarta hingga kawasan Bundaran HI terendam banjir. Pembangunan Sodetn Ciliwung pun dimulai sejak 2013. 

"Sodetan Ciliwung bertahun-tahun, sudah hampir 11 tahun dan hari ini Alhamdulillah selesai. Paling enggak 6 kelurahan enggak banjir lagi," kata Jokowi seperti dikutip dari Breaking News Kompas TV

Baca Juga: Jokowi Ngaku Kaget Heru Budi Bisa Lanjutkan Sodetan Ciliwung Usia Mangkrak 6 Tahun

Ia menyampaikan, penanganan banjir Jakarta harus dilakukan dari hulu ke hilir. Tahun 2022 lalu, pemerintah sudah meresmikan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di kawasan Puncak, Bogor. Dua bendungan itu akan mengendalikan debit air yang masuk ke Sungai Ciliwung. 

Mereka akan menampung air selama musim hujan sehingga tak semua masuk ke Ciliwung. Sementara saat musim kemarau, air dari dua bendungan itu dialirkan ke Ciliwung. 

Tapi menurut Jokowi, keberadaan Sodetan Ciliwung dan dua bendungan baru itu belum cukup mengatasi banjir Jakarta.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Beres, Heru: Sodetan Ciliwung Secara Teknis Selesai dan Siap Dites

"Dan untuk penanganan banjir Jakarta itu belum cukup. Karena Jakarta enggak hanya ngurusi Ciliwung. Ada 12 sungai lainnya yang juga perlu diurus dengan baik," ujar Jokowi.

"Ada Kali Sunter, Cipinang, Kali Baru Barat, Kali Baru Timur, Pesanggrahan. Belum soal banjir rob yang naik ke Jakarta," ujarnya.

Penulis : Dina Karina Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU