> >

Santri Tahfid Yang Dibekali Wirausaha

Berita daerah | 11 April 2022, 17:25 WIB

SUKABUMI,KOMPAS.TV- Pondok Pesantren Alam Baiti Jannati Di Kampung Caringin Rawa Geude, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, berdiri sejak 2018 lalu di lahan seluas satu hektare. Pesantren tahfiz untuk anak yatim, duafa dan umum ini, mencetak para santrinya untuk dapat berbakti, berbudi dan berbagi. Ponpes Baiti Janati tahun ini jumlah santri mencapai 300 lebih, yang bersal dari Wilayah Jabodetabek dan Luar Pulau seperti Kalimantan, Sulawesi, dan warga sekitar pesantren. 

Para santri ini di ajarkan belajar tahfid, pembelajran kitab kuning, serta tidak kalah penting para santri dibelaki keterampilan berwirausaha. Agar jika telah lulus nanti para santri ini mampu berkembang dan mandiri. Di pesantren ini wirausaha untuk santri mulai dari perikanan, pembuatan tempe, dan peternakan kambing, serta lainnya. Untuk kegiatan di bulan Ramadan sendiri, para santri di ajarakan peningkatan amalan membaca hafalan Al-Qur'an. Pimmpinan Ponpes Alam Baiti Jannati, Faid Ibnu Fauzan mengatakan, Ponpes Alam Baiti Jannati ini memiliki program unggulan yakni berbakti, berbudi dan berbagi.

Dalam program berbagi, Ponpes Alam Baiti Jannati memfasilitasi dengan dapur umat, yang dapat dimanfaatkan selain untuk memasak kebutuhan para santri, juga sekaligus dapat berbagi dengan warga yang membutuhkan bantuan. Dalam berbudi para santri diharuskan menebar salam kepada siapa saja ketika bertemu. Memasuki Ramadan ini, para santri diajarkan untuk memiliki kepedulian sosial karena itu kami berencana akan membuka titik takjil dan hidangan untuk berbuka puasa secara gratis.

Penulis : KompasTV-Sukabumi

Sumber : Kompas TV


TERBARU