> >

Omzet Penjualan Tahu Turun 50 Persen

Berita daerah | 21 Februari 2022, 16:04 WIB

KEDIRI, KOMPAS.TV - Mahalnya harga kedelai, membuat para perajin tahu di kota kediri merugi hingga 50 persen, dibandingkan hari biasa. Para perajin pun kini terpaksa menaikkan harga jual tahu, demi menghindari kerugian yang lebih banyak.

Para perajin tahu di Kampung Tahu Kota Kediri, kini kondisinya sedang bingung. Terus meningkatnya harga kedelai sebagai bahan baku tahu, membuat biaya produksi mereka membengkak.

Kondisi itu pun, membuat para perajin terpaksa menaikkan harga jual tahu sebesar seribu rupiah per 10 bijinya. Selain itu, para perajin juga terpaksa mengurangi produksi tahu, karena modal yang dimilikinya tidak bisa menjangkau harga kedelai yang mahal.

Jika di harga normal mereka mampu membeli 40 hingga 50 kilogram kedelai, namun kini para perajin hanya bisa membeli 20 hingga 30 kilogram saja, per harinya.

Langkah itu terpaksa diambil demi menghindarkan kerugian yang lebih besar. Menurut produsen, sejak ada peningkatan harga membuat omzet penjualan tahu menjadi berkurang hingga 50 persen. 

Meski terus merugi namun para perajin masih enggan untuk melakukan mogok produksi. Hal itu dilakukan demi memberi penghasilan bagi pekerja.

#beritakediri

#kampungtahu

#tahukediri

Penulis : KompasTV-Madiun

Sumber : Kompas TV


TERBARU