> >

Dinas Bina Marga DKI Sebut Kepindahan Ibu Kota Tak Hentikan Jakarta Bangun Infrastruktur Ikonik

Peristiwa | 4 Februari 2022, 17:15 WIB
Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) berbentuk kapal pinisi di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. (Sumber: KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho menyebut Jakarta akan tetap membangun infrastruktur ikonik meski nantinya tak berstatus Ibu Kota Negara (IKN) lagi.

Seperti diketahui, pemerintah akan memindahkan IKN ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Adapun infrastruktur ikonik yang dimaksud Hari di antaranya jembatan penyeberangan orang (JPO) hingga fasilitas publik untuk berinteraksi masyarakat.

Hal ini disampaikannya dalam seminar secara daring yang bertajuk 'Menata Jakarta usai Pindah Ibu Kota', Jumat (4/2/2022).

"Walaupun nanti ditinggal ibu kota, kita akan menjadi kota bisnis, service city sehingga menjadi urban destinasi bagi masyarakat luar Jakarta, begitu masuk punya pengalaman baru,” kata Hari. 

Salah satu JPO ikonik yang mengakomodasi kebutuhan masyarakat itu, kata dia, JPO Pinisi di Karet Sudirman, Jakarta Selatan.

Baca Juga: IKN Pindah, DKI Jakarta Bakal Disulap Jadi Kota Modern yang Ramah Pejalan Kaki

JPO ini menggunakan teknologi canggih untuk menjamin keselamatan pengunanya, seperti sistem pendeteksi beban. JPO ini juga dilengkapi elevator atau lift ekstra besar.

Selain dilengkapi teknologi canggih, JPO yang dibangun dengan konsep kapal pinisi itu pun bisa dinikmati oleh kaum disabilitas, lansia dan para pesepeda.

Tak hanya itu, dia juga menuturkan JPO akan menyediakan ruang interaksi masyarakat sebagai ruang ketiga setelah ruang pertama di rumah dan ruang kedua di kantor.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV/Antara


TERBARU