> >

Gedung Sate Tutup, Ridwan Kamil Ungkap Sumber 32 ASN Jabar Terpapar Covid-19

Berita daerah | 4 Juni 2021, 08:48 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memimpin Rapat Koordinasi Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Senin (18/1/2021). (Sumber: Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG, KOMPAS.TV - Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Gedung Sate, ditutup sementara hingga 9 Juni 2021.

Hal ini dikarenakan sebanyak 32 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jabar terkonfirmasi positif Covid-19.

"Menyikapi sebuah situasi di gedung pemerintahan Gedung Sate, terdapat satu klaster yang kami nilai membuat situasi di tempat kerja atau Gedung Sate ini harus dilakukan penutupan sementara karena terdapat 32 ASN di Pemprov Jawa Barat yang terpapar covid-19," ujar Ridwan Kamil dalam keterangan resmi, Kamis (3/6/2021). 

Baca Juga: Gedung Sate Ditutup RK Pastikan Pemerintahan Tak Terganggu

Lebih lanjut setelah ditelusuri, dia menegaskan sumber penularan bukan karena mudik lebaran kemarin.

Adapun sejumlah anak buahnya terpapar Covid-19 dikarenakan sempat melakukan perjalanan dinas ke salah satu kementerian di Jakarta pascalibur lebaran.

"Kami langsung melakukan tracing kepada seluruh keluarga yang terpapar, dan didapati fakta bahwa kejadiannya pascalebaran saat ada satu rombongan ke Jakarta melakukan pertemuan di kementerian, kemudian dari situ menjadi sumber keterpaparan," jelas Ridwan Kamil. 

Baca Juga: 32 ASN Terpapar Covid-19, Gedung Sate Ditutup Sementara

Oleh sebab itu sesuai prosedur, maka Gedung Sate harus ditutup sementara, sembari pihak Pemprov Jabar melakukan upaya treatment tracing kepada mereka yang terpapar Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil berharap adanya klaster ini dapat menjadi pelajaran untuk para ASN yang melakukan perjalanan dinas untuk selalu menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU