> >

Komorbid Menjadi Faktor Penunda Vaksinasi

Berita daerah | 24 Maret 2021, 08:04 WIB

PALU, KOMPAS.TV - Selain faktor pernah terpapar virus korona, komorbid juga menjadi faktor penunda pelaksanaan vaksin pada penerimanya, dari data beberapa puskesmas, paling banyak komorbid atau penyakit penyerta berupa hipertensi yang paling banyak.

Pelaksanaan vaksinasi di Sulawesi Tengah sudah memasuki tahap kedua, jika di tahap pertama hambatannya adalah system, kini para vaksinator harus menerima hambatan dengan menunda vaksinasi pada beberapa orang karena ada penyakit penyerta atau komorbid.

Seperti yang terjadi di puskemas Talise, dalam tiap pelaksanaan vaksin pasti ada beberapa orang harus ditunda vaksinasinya, itu karena ada beberapa faktor penyakit penyerta, meski demikian, vaksinasi tetap berjalan lancar, bahkan ada yang telah mendaatkan dosis ke dua.

Data dari puskemas Talise, beberapa penyakit penyerta atau komorbid paling banyak adalah hipertensi, penundaan dilakukan sampai bisa dikendali, ada yang sampai satu minggu ada pula sampai dua minggu tergantung kondisi penerima vaksin.
 

#Komorbid #Vaksin #Covid19 

Penulis : KompasTV-Palu

Sumber : Kompas TV


TERBARU