> >

Pemprov Jatim Tarik Lagi Dana Hibah Rp 9 Miliar untuk Museum SBY

Peristiwa | 22 Februari 2021, 22:42 WIB
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat orasi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (7/2/2017). (Sumber: KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

SURABAYA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menarik bantuan dana hibah kepada Pemkab Pacitan senilai Rp 9 milliar.

Dana hibah itu semestinya akan diberikan kepada Yudhoyono Foundation untuk pembangunan Museum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kabupaten Pacitan.

Kabar penarikan dana hibah tersebut diakui Sekdaprov Jawa Timur Heru Tjahjon.

Baca Juga: Jadi Heboh Pembangunan di Pacitan, Ternyata ‘Museum SBY’ sudah ada di Akmil Magelang

Menurut dia, penarikan dana tersebut sesuai surat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur kepada Bupati Pacitan tertanggal 16 Februari 2021 perihal Penarikan Kembali Bantuan Keuangan Khusus Kabupaten Pacitan Pada Perubahan APBD Provinsi Jawa Timur tahun anggaran 2020.

"Kami tarik karena tidak dipergunakan, dananya dikembalikan lagi ke rekening Pemprov Jatim," katanya dikutip dari Kompas.com, Senin (22/2/2021).

Heru menuturkan, dana hibah tersebut masuk dalam pos Perubahan APBD 2020 yang jangka waktu penggunaannya relatif pendek.

"Nanti kalau masih diperlukan akan dianggarkan lagi di APBD murni 2021. Tentunya dengan syarat-syarat administrasi yang ditentukan," ujar dia.

Menurut Heru, penarikan dana bantuan hibah dari daerah adalah hal biasa. Banyak dana hibah dari daerah-daerah yang dikembalikan karena dianggap tidak memenuhi persyratan adminiatrasi.

Baca Juga: Demokrat: Museum SBY akan Jadi Wahana Pengenalan Sejarah yang Sangat Berguna

Penulis : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU