> >

Keunikan Langgar Setugel di Gisikdrono

Berita daerah | 19 Desember 2020, 10:00 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Langgar dengan bentuk bangunan hanya separo ini di beri nama langgar Setugel Gisikdrono. Langgar atau tempat ibadah untuk umat muslim ini berada di depan kelurahan Gisikdrono, Semarang.

 

Langgar Setugel ini di bangun dengan Desain  jawa, seperti langgar yang ada di tengah Desa pada umumnya. Namun uniknya, bentuk bangunannya tidak utuh atau hanya separo saja, sementara separo lagi akan dibangun di lokasi lain yang jaraknya sekitar 3 km dari kelurahan Gisikdrono.

 

Lokasi langgar separonya rencananya  akan dibangun di kampung wisata  seni budaya Jatisari, Gisikdrono, Semarang yang kini sementara masih berupa miniatur langgar separo.

 

Langgar Setugel Gisikdrono Semarang ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh masyarakat jaman dulu Mbah Sabar Drono, pendiri kampung Gisikdrono.

 

Langgar Setugel ini juga diharapkan bisa mendongkrak kawasan RW XIII kampung Jatisari Gisikdrono sebagai destinasi lokasi wisata baru di Semarang.

 

Layaknya tempat ibadah pada umumnya, langgar Setugel ini diperuntukan untuk umum, masyarakat luas bisa memanfaatkan langgar ini untuk sholat.

Penulis : KompasTV-Pekalongan

Sumber : Kompas TV


TERBARU