> >

Kronologi 369 Karyawan PT Epson Indonesia di Kawasan Industri Cikarang, Bekasi Positif Corona

Update corona | 21 September 2020, 14:01 WIB
PT Epson Indonesia yang terletak di Kawasan Industri Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (Sumber: Gambar dari Alexander Blegur, KOMPAS TV, Jawa Barat)

CIKARANG, KOMPAS.TV - 369 karyawan PT Epson Indonesia di kawasan Industri East Jakarta Industrial Park (EJIP), Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terkonfirmasi positif COVID-19.

Persebaran atau penularan COVID-19 ini diawali dengan adanya pertemuan antara narasumber luar perusahaan, didatangkan ke perusahaan.

Pertemuan dengan narasumber luar perusahaan tersebut, diadakan pada pertengahan September, dan yang bersangkutan sudah terkonfirmasi positif namun OTG, orang tanpa gejala.

Karena hal tersebut, diduga ada persebaran yang terjadi ke karyawan PT Epson.

Selama 2 minggu ke depan, mulai dari tanggal 19 September 2020, PT Epson Indonesia, menghentikan proses produksinya, sementara waktu.

Sebelum hal ini, klaster industri Cikarang sebenarnya sudah terjadi di PT LG Electronic dan PT Indomobil Suzuki.

Kronologi persebaran terjadi setelah pertemuan dan interaksi dengan narasumber tersebut, terdapat 6 orang reaktif COVID-19 berdasarkan rapid test.

Atas kejadian tersebut, 6 orang tersebut segera melakukan swab test dan ternyata mereka terkonfirmasi positif.

Tes swab terus dilanjutkan hingga ditemukan bahwa ternyata ada 26 orang positif dan tes swab massal pun dilakukan, hingga terkonfimrasi 269 karyawan positif COVID-19.

Penulis : Angela-Winda

Sumber : Kompas TV


TERBARU