> >

Info Bantuan PIP Kemdikbud Tahap 3 Tahun 2024, Cek Jadwal dan Pencairan hingga Rp1,8 Juta SD-SMA

Sekolah | 23 Oktober 2024, 09:56 WIB
Berikut adalah cara untuk melakukan pengecekan data siswa Program Indonesia Pintar (PIP) di pip.kemdikbud.go.id. (Sumber: Kemdikbud)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pencairan Program Indonesia Pintar (PIP) tahap 3 untuk tahun 2024 masih menjadi perhatian banyak siswa dan orang tua.

Program bantuan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) ini ditujukan untuk siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, dengan harapan dapat mendukung keberlangsungan pendidikan mereka.

PIP memberikan bantuan berupa dana pendidikan yang langsung disalurkan ke rekening Simpanan Pelajar (SimPel) milik siswa.

Terdapat beberapa bank yang bekerja sama dalam penyaluran dana ini, seperti BRI, BNI, dan BSI. Pemilihan bank didasarkan pada jenjang pendidikan dan lokasi tempat tinggal siswa.

Kapan Dana PIP Tahap 3 Akan Cair?

Berdasarkan jadwal resmi Kemdikbud, pencairan tahap 3 berlangsung dari Oktober hingga Desember 2024.

Meski sudah memasuki bulan Oktober, proses pencairan dana bisa berlangsung berbeda-beda bagi setiap siswa dan wilayahnya.

Hal ini disebabkan oleh proses verifikasi, administrasi, dan transfer dana yang mungkin memerlukan waktu berbeda, tergantung dari berbagai faktor.

Siswa yang belum menerima dana di bulan Oktober masih berpeluang untuk mendapatkan pencairan di bulan November atau Desember.

Baca Juga: Buruan Buka pip.kemdikbud.go.id Cek Status Bantuan PIP Siswa SD, SMP, SMA hingga Rp1,8 Juta

Kemdikbud juga menegaskan bahwa rentang waktu pencairan sesuai jadwal masih berlaku hingga akhir Desember.

  • Termin 1: Februari hingga April
  • Termin 2: Mei hingga September
  • Termin 3: Oktober hingga Desember

Cara Cek Dana PIP di Rekening

Penulis : Danang Suryo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU