> >

Hari Santri 2024, Kemenag Gelar Pelatihan Kreator Konten dan Kecerdasan Buatan Bagi 1 Juta Santri

Edukasi | 17 Oktober 2024, 01:29 WIB
Rangkaian peringatan Hari Santri 2024 kali ini akan disemarakkan oleh pelatihan kreator konten dan kecerdasan buatan bagi santri pondok pesantren. (Sumber: Dok Ditjen Pendis Kemenag)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada tahun ini Kementerian Agama (Kemenag) RI kembali memperingati Hari Santri di seluruh wilayah Indonesia.

Rangkaian peringatan Hari Santri 2024 kali ini akan disemarakkan oleh pelatihan kreator konten dan kecerdasan buatan bagi santri pondok pesantren. 

Baca Juga: Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2024 yang Diperingati 22 Oktober, Ini Filosofi dan Maknanya

Pelatihan dalam bentuk kursus ini mengusung topik bertajuk "Santri Menjadi Content Creator", dan "Santri Mahir AI".

"Jadi ada dua pelatihan yang membekali para santri kemampuan teknologi untuk memperkuat materi dakwahnya nanti di masa depan,” ungkap Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag, Suyitno di Jakarta, melalui keterangan tertulisnya yang diterima Rabu (16/10/24). 

Short course ini khusus digelar untuk menyemarakkan Hari Santri dengan mendatangkan narasumber khusus yang ahli dalam bidangnya. 

Menurut Suyitno, santri harus beradaptasi dengan teknologi agar mampu bersaing pada zamannya. 

Pelatihan ini akan digelar secara daring pada 20 Oktober 2024, melalui platform pelatihan milik Pusdiklat Teknis Kemenag, MOOC Pintar. 

Para santri dari pondok pesantren di seluruh Indonesia dipersilahkan untuk berpartisipasi pada pelatihan gratis ini, karena dalam satu kali pelatihan dapat menampung satu juta peserta. 

Selain santri, para pelajar non pesantren juga diizinkan ikut mendaftar. Namun peserta harus memilih salah satu dari dua tema yang ditawarkan, tidak boleh mengambil keduanya. 

Penulis : Redaksi Kompas TV Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU