> >

FEB UI Anugerahkan Penghargaan Wirakarya Adhitama kepada Soedradjad Djiwandono

Kampus | 12 Oktober 2024, 22:22 WIB
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) memberikan penghargaan tertinggi, Wirakarya Adhitama, kepada J. Soedradjad Djiwandono atas kontribusinya yang besar dalam dunia pendidikan dan ekonomi Indonesia, Sabtu (12/10/2024). (Sumber: Istimewa)

DEPOK, KOMPAS.TV - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) memberikan penghargaan tertinggi, Wirakarya Adhitama, kepada J. Soedradjad Djiwandono atas kontribusinya yang besar dalam dunia pendidikan dan ekonomi Indonesia. 

Penghargaan ini diserahkan dalam sebuah acara yang berlangsung di Auditorium Soeria Atmadja, Kampus FEB UI, Depok, Jawa Barat, Sabtu (12/10/2024).

Soedradjad Djiwandono, mantan Gubernur Bank Indonesia (1993-1998), dinilai memiliki pengaruh besar dalam perkembangan ekonomi Indonesia, baik melalui jabatan-jabatan penting yang pernah diembannya, seperti di Bappenas dan Kementerian Perdagangan, maupun sebagai akademisi di FEB UI. 

Saat ini, Soedradjad juga aktif sebagai Profesor di Sekolah Studi Internasional S. Rajaratnam, Universitas Teknologi Nanyang, Singapura.

Ketua Dewan Guru Besar FEB UI, Bambang Brodjonegoro, menyampaikan bahwa penghargaan ini dirancang saat ia menjabat sebagai Dekan FEB UI pada 2005-2009.

“Kami memberi penghargaan yang tertinggi kepada para tokoh yang terus terang telah membawa juniornya, muridnya, menjadi terinspirasi untuk terus memberikan yang terbaik bagi universitas, bangsa, dan negara,” kata Bambang dalam siaran pers yang diterima Kompas.tv.

Baca Juga: Kata Guru Besar FEB UI soal Tingkat Kesuksesan Pembangunan Infrastruktur Era Presiden Jokowi

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FEB UI Teguh Dartanto mengatakan dirinya meneruskan tradisi memberikan penghargaan tertinggi Wirakarya Adhitama kepada civitas akademika yang berdedikasi, konsistensi, dan juga berkontribusi besar dalam pengembangan keilmuan dan juga pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara.

“Penghargaan Wirakarya Adhitama ini memiliki makna yang mendalam, diberikan kepada profesor tadi, purna tugas dan memiliki kontribusi besar dan berperan kepada pengembangan keilmuan dan kontribusinya terhadap aplikasi keilmuannya di dalam masyarakat. Artinya dalam konteks pendidikan tinggi sekarang ini yang kita kenal adalah societal impacts,” tegasnya.

Dalam pidatonya, Soedradjad menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan ini dan menegaskan bahwa dirinya masih berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam bidang pendidikan. 

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU