> >

Catat! Batas Pendaftaran KIP Kuliah untuk SNBP 2024 sampai 27 Februari 2024, Ini Cara Sinkronisasi

Kampus | 24 Februari 2024, 08:51 WIB
Ilustrasi KIP Kuliah 2024 (Sumber: puslapdik.kemdikbud.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Batas waktu pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk peserta yang mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 hanya sampai 27 Februari 2024.

Hal itu diungkapkan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puslapdik Kemendikbudristek) RI melalui akun Instagramnya @puslapdik_dikbud, Jumat (23/2/2024).

"Jangan lupa, ya! 4 hari lagi batas waktu pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP! Ayo, segera daftar dan lengkapi persyaratannya!" tulis Puslapdik Kemendikbud.

Diketahui, SNBP merupakan jalur seleksi pertama yang dibuka untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 2024.

SNBP atau biasa disebut jalur undangan adalah seleksi bagi siswa lulusan baru yang berprestasi. Seleksi ini dilakukan tanpa tes.

Peserta SNBP bisa langsung mendaftar seleksi KIP Kuliah, program pemerintah yang memungkinkan penerimanya bisa kuliah gratis sampai lulus.

Baca Juga: Cara Lihat Nomor Pendaftaran SNBP 2024 untuk Cek Pengumuman 26 Maret Nanti

Tim Teknis KIP Kuliah Kemdikbud Ristek, Sony Hartono Wijaya menyatakan, ada keuntungan bagi siswa yang mendaftarkan diri untuk KIP Kuliah terlebih dahulu sebelum SNBP.

Hal ini memudahkan perguruan tinggi dalam memetakan calon mahasiswa berdasarkan skema bantuan pendidikan yang diikuti, serta meningkatkan peluang mereka dalam seleksi berikutnya.

"Sebaiknya adik-adik daftar seleksi KIP Kuliah pada periode pendaftaran yang ditujukan. Jadi sebaiknya daftar sekarang, Kenapa? Karena kalau adik-adik daftar sekarang perguruan tinggi saat nanti melakukan seleksi SNBP, perguruan tinggi sudah dapat informasi" kata Sony sebagaimana dikutip dari YouTube Kemdikbud, Senin (12/2/2024).

Penulis : Dian Nita Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU