> >

Cara Cepat Cek Siswa Penerima PIP Kemdikbud Semua Jenjang Pendidikan di pip.kemdikbud.go.id

Sekolah | 7 Desember 2023, 11:29 WIB
Ini cara cepat untuk mengecek penerima PIP Kemdikbud. (Sumber: Kemdikbud)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan inisiatif pemerintah yang dirancang untuk mendukung kebutuhan pendidikan anak-anak dari keluarga kurang mampu.

Program ini memiliki tujuan mulia untuk memastikan akses pendidikan berkualitas hingga jenjang menengah, mencegah putus sekolah, dan meningkatkan partisipasi pendidikan.

Dengan PIP, pemerintah berupaya memastikan bahwa anak-anak di Indonesia dapat melanjutkan pendidikan mereka tanpa hambatan finansial.

Baca Juga: Tutorial Cara Memadankan NIK dan NPWP Terbaru, Ini Sanksi jika Tidak Validasi

PIP menyediakan bantuan finansial yang disesuaikan berdasarkan jenjang pendidikan Rp450 ribu per tahun untuk SD/sederajat, Rp750 ribu untuk SMP/sederajat, dan Rp1 juta untuk SMA/sederajat.

Untuk mengecek status penerima bantuan, siswa dapat menggunakan ponsel atau handphone. Caranya adalah dengan membuka browser, mengunjungi situs resmi pip.kemdikbud.go.id.

Bagi siswa yang ingin mendapatkan bantuan PIP Kemdikbud, mereka dapat mengusulkan nama mereka melalui lembaga pendidikan atau sekolah.

Baca Juga: UNESCO Akui Budaya Jamu Sehat sebagai Warisan Budaya Takbenda Dunia

Proses pengajuan melibatkan penyediaan dokumen seperti rapor, NIK dan NISN, KTP ortu/wali, serta Kartu Keluarga Sejahtera atau Surat Keterangan Tidak Mampu.

Pengusulan nama dilakukan ke sistem Dapodik di sekolah masing-masing, yang akan memfasilitasi proses selanjutnya.

Penulis : Danang Suryo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU