> >

Semakin Istimewa!! Subaru Kembali Update Fitur untuk New Subaru BRZ

Ranger oto | 25 Oktober 2024, 02:05 WIB
Peluncuran New Subaru BRZ oleh CEO Subaru Indonesia, Arie Christopher (kiri), Drifter Subaru Garasi Drift Team, Ziko Harnadi (tengah), dan GM Marketing & PR Subaru Indonesia, Ismail Ashlan (kanan). (Sumber: Ranger Oto Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Plaza Auto Mega kembali meluncurkan perubahan terbaru dari mobil andalan mereka, yaitu Subaru BRZ. Berjuluk Subaru BRZ model year 2025, mobil ini dilengkapi beberapa fitur baru, yang membuatnya jadi lebih menarik dan semakin mudah untuk dikendarai.

Ada beberapa peningkatan yang cukup signifikan pada New Subaru BRZ, terutama di bagian interior. Beberapa fitur terbaru yang mereka unggulkan yakni pembaruan pada sistem suspensi (shock absorber) yang diklaim akan lebih responsif dan dapat menyesuaikan dengan berbagai kondisi jalan di Indonesia. Plus, pembaruan pada sistem Electonic Power Steering (EPS) yang dinilai lebih presisi memberikan kontrol kemudi yang lebih baik, dan memberikan rasa percaya diri bagi pengemudi saat bermanuver di kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi.

Selain itu, hadirnya fitur mode Sport yang biasa hadir pada varian automatic transmision (AT) atau transmisi otomatis kini tersedia juga di varian manual. Ini dapat memberikan pengemudi sensasi respons throttle yang lebih tajam, serta tidak ketinggalan juga pada sistem active sound control yang dapat menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih memacu adrenalin. 

Tak berhenti di situ, New Subaru BRZ juga mendapatkan pembaruan pada paddle shift yang memiliki rentang kecepatan yang lebih luas dari sebelumnya. Jika sebelumnya Subaru BRZ memiliki rentang sekitar 4.000 rpm untuk dapat melakukan downshift (penurunan gigi transmisi untuk memperlambat mobil), kini downshift dapat dicapai dengan sekitar 5.000 rpm, yang diklaim tidak akan menghambat saat memasuki tikungan jika mobil digunakan untuk track day di lintasan. Hal ini akan memudahkan pengemudi untuk lebih efisien dan cepat saat masuk dan keluar dari tikungan.

Dengan beberapa update ini, Subaru mengatakan mereka teringat dengan kutipan dari Ayrton Senna: "You cannot overtake 15 cars in sunny weather, but you can when it's raining." ("Anda tidak dapat menyalip 15 mobil saat cuaca cerah, tapi bisa saat hujan.")

Subaru BRZ sekarang memberikan lebih banyak kebebasan untuk pengemudi, yang dapat memungkinkan untuk melakukan teknik berkendara fast-in dan fast-out.

Dari sisi dapur pacu, New Subaru BRZ ini tetap menggunakan mesin yang sama, yaitu mesin Boxer FA24 dengan kapasitas 2.400 cc, 4-silinder dengan kekuatan 237 PS dan torsi puncak 250 Nm, dengan penggerak roda belakang (RWD). 

Arie Christopher, selaku CEO Subaru Indonesia, mengatakan bahwa peningkatan yang diberikan pada New Subaru BRZ ini merupakan hasil riset dari kejuaraan Super Takiyu di Jepang.

“Subaru BRZ terbaru hadir dengan peningkatan yang signifikan, termasuk handling yang lebih nyaman untuk penggunaan sehari-hari, namun semakin sporty untuk track-day. Perbaikan ini meliputi pengembangan teknis pada electronic power steering (EPS), suspensi baru, dan Sport mode pada transmisi manual 6-percepatan. Peningkatan ini merupakan hasil riset dari kejuaraan Super Taikyu (Japanese Endurance Race), di mana Subaru BRZ no. 61 dikendarai oleh Takuto Iguchi dan Hideki Yamauchi. Subaru BRZ terbaru akan mulai dikirimkan kepada pelanggan pada akhir Oktober 2024," papar Arie Christopher, Kamis (24/10/2024).

Namun, yang membuat New Subaru BRZ ini lebih terasa istimewa, dengan beberapa upgrade yang sudah diberikan oleh Subaru, mobil ini masih memiliki harga yang sama dengan varian Subaru BRZ yang sebelumnya.

Penulis : Rengga Rinasti Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU