> >

Enea Bastianini Juara Sprint Race MotoGP Thailand 2024, Dominasi Ducati Tak Terbantahkan

Motogp | 26 Oktober 2024, 16:16 WIB
Pebalap Italia Enea Bastianini dari Tim Ducati Lenovo mengemudikan sepeda motornya selama balapan MotoGP Grand Prix Sepeda Motor Emilia Romagna di sirkuit Misano di Misano Adriatico, Italia, Minggu, 22 September 2024. (Sumber: AP Photo/Gregorio Borgia)

BURIRAM, KOMPAS.TV – Pebalap Ducati Lenovo, Enea Bastianini, berhasil meraih kemenangan gemilang pada Sprint Race MotoGP Thailand 2024 di Sirkuit Internasional Chang, Sabtu (26/10/2024). Memulai balapan dari posisi kedua, Bastianini menunjukkan performa solid dan menutup perlombaan dengan hasil sempurna.

Start yang apik dari Bastianini membuatnya langsung melesat ke posisi terdepan, meninggalkan juara bertahan Francesco Bagnaia di posisi kedua. 

Dominasi Ducati pun terlihat sejak awal, dengan Marc Marquez dari Gresini Racing dan Jorge Martin dari tim Pramac Racing yang mengikuti di posisi ketiga dan keempat.

Pada lap ketiga, Bastianini semakin menjauh, memperlebar jarak lebih dari satu detik dari Bagnaia. 

Di lap yang sama, Martin menunjukkan aksinya dengan menyalip Marquez dan berhasil naik ke posisi ketiga, membuat susunan pembalap papan atas sepenuhnya didominasi oleh Ducati.

Saat balapan menyisakan sembilan lap, Bastianini tampak nyaman di depan dengan keunggulan 1,1 detik. 

Bagnaia yang berada di posisi kedua, terus mendapat tekanan dari Martin yang tak henti mencari celah untuk menyalip, sementara Marquez mulai mendekati mereka berdua.

Baca Juga: Jokowi soal Ajang MotoGP Mandalika 2024: Sangat Baik, Utamanya Dalam Manajemen

Ketegangan meningkat ketika balapan memasuki tujuh lap terakhir. Di tikungan chicane, Martin akhirnya berhasil menggeser Bagnaia, merebut posisi kedua di belakang Bastianini. Keberanian Martin ini menambah dinamika persaingan sengit di sisa balapan.

Dengan lima lap tersisa, Bastianini terus memperlebar jarak dari pesaingnya, kini unggul 1,4 detik dari Martin. 

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU