> >

Thomas Tuchel Resmi Jadi Pelatih Timnas Inggris, Orang Jerman Pertama yang Latih Three Lions

Sepak bola | 16 Oktober 2024, 16:43 WIB
Eks pelatih Chelsea, Thomas Tuchel. Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) resmi mengumumkan Tuchel sebagai pelatih baru Timnas Inggris, Rabu (16/10/2024). (Sumber: AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

LONDON, KOMPAS.TV - Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) resmi mengumumkan Thomas Tuchel sebagai pelatih baru Timnas Inggris, Rabu (16/10/2024).

Tuchel akan menjadi warga negara non-Inggris Raya ketiga yang melatih The Three Lions sekaligus orang Jerman pertama.

FA menyatakan Tuchel diidentifikasi sebagai "kandidat yang tepat" usai melakukan pencarian ekstensif untuk mencari pengganti Gareth Southgate yang mundur usai Piala Eropa 2024 lalu.

"Kami mengumukan bahwa pemenang Liga Champions UEFA Thomas Tuchel adalah pelatih kepala tim senior putra Inggris yang baru dan akan dibantu oleh pelatih Inggris bereputasi internasional, Anthony Barry," demikian pengumuman FA via media sosial X, Rabu.

Baca Juga: Arkhan Kaka Masuk Daftar 60 Pemain Muda Terbaik Dunia Versi The Guardian

Pihak FA mengaku telah mewawancarai sejumlah kandidat pelatih sebelum memutuskan untuk mengontrak Tuchel.

Eks pelatih Borussia Dortmund itu dilaporkan dikontrak FA dengan durasi 18 bulan dan akan mulai bekerja pada Januari 2025.

Tuchel yang juga pernah memimpin Chelsea itu bakal dibebani ekspektasi untuk mengakhiri puasa gelar Three Lions yang hanya meraih satu Piala Dunia sepanjang sejarah, tepatnya pada 1966 silam.

Thomas Tuchel dikenal sebagai pelatih yang kerap sukses meraih trofi mayor bagi klub-klub yang dilatihnya.

Dia sebelumnya berhasil meraih gelar liga bersama Paris Saint-Germain dan Bayern Muenchen. Pelatih berusia 51 tahun itu juga memenangi Liga Champions bersama Chelsea.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV/Associated Press


TERBARU