> >

Atika Putriani Raih Medali Emas di 8th Asian Pencak Silat Championship 2024 Uzbekistan

Sports | 15 Oktober 2024, 13:24 WIB
Atika Putriani membawa bendera merah putih membuktikan kesuksesan meraih medali emas di ajang 8th Asian Pencak Silat Champhionship. (Sumber: ANTARA/Kasmono/HO Ketua Perguruan Pulau Kelapa)

BANGKA, KOMPAS.TV -  Pesilat asal Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Atika Putriani, berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan meraih medali emas dalam ajang 8th Asian Pencak Silat Championship 2024. 

Dalam kejuaraan yang berlangsung di Bukhara, Uzbekistan itu, Atika meraih emas setelah mengalahkan pesilat tuan rumah, O'rolova Dionora, di partai final.

"Kesuksesan Atika Putriani yang tergabung di perguruan silat ini tidak hanya mengharumkan nama daerah asal, tetapi juga mengharumkan nama bangsa Indonesia di tingkat Internasional," ujar Ketua Perguruan Silat Pulau Kelapa, Mendra Kurniawan, di Sungailiat, Selasa (15/10/2024), dikutip dari Antara.

Meski harus menghadapi lawan-lawan tangguh dari berbagai negara, Mendra menilai, Atika mampu menunjukkan kualitasnya sebagai pesilat kelas dunia. 

Keberhasilan Atika Putriani juga mencerminkan betapa besar dedikasi dan semangat para atlet dari Bangka Belitung di ajang olahraga tingkat dunia. 

Baca Juga: Atlet Pencak Silat Lampung Raih 4 Medali di PON XXI

Prestasi ini semakin memperkuat posisi Bangka Belitung sebagai daerah yang memiliki potensi atlet berprestasi di berbagai cabang olahraga.

Sebelum tampil di kejuaraan pencak silat internasional di Uzbekistan, Atika Putriani juga sukses meraih medali emas pada PON XXI Aceh-Sumut. 

Pada laga final PON 2924, Atika unggul dengan angka telak 56-15 melawan pesilat asal Jawa Barat. 

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Bangka Belitung, Syarli Nopriansyah, mengungkapkan bahwa kemenangan Atika di tingkat internasional ini merupakan pencapaian besar yang kedua.

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Antara


TERBARU