> >

RESMI! Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Jadi WNI, Siap Diturunkan Lawan Bahrain dan China?

Sepak bola | 30 September 2024, 21:56 WIB
Dua pemain keturunan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, kini resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). (Sumber: Instagram @erickthohir)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dua pemain keturunan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, kini resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Keduanya, yang berasal dari Belanda, telah mengucapkan sumpah sebagai WNI di Brussel, Belgia, pada hari ini, Senin (30/9/2024).

Proses perubahan status kewarganegaraan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dari Belanda ke Indonesia diketahui dari unggahan di akun Instagram Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Dalam unggahan tersebut, terlihat kedua pemain mengenakan peci, kemeja putih, jas hitam, dan celana hitam sebelum menjalani pengambilan sumpah.

Awalnya, PSSI dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berencana melakukan prosesi sumpah WNI di Belanda. Namun, lokasi tersebut akhirnya dipindahkan ke Belgia.

Proses pengambilan sumpah WNI bagi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders di luar negeri dilakukan dengan cepat dan efektif, bukan karena perlakuan khusus, melainkan demi fleksibilitas terkait waktu dan kebutuhan tim nasional Indonesia yang akan segera menjalani laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Terdekat pada Oktober 2024 nanti, Timnas Indonesia besutan Shin Tae yong akan menjalani dua laga away yakni kontra Bahrain dan China.

Baca Juga: Kontroversi Wasit Laga Aceh VS Sulteng, Asprov PSSI Sumsel akan Tunggu Keputusan dari PSSI Pusat

Proses naturalisasi kedua pemain ini bisa dibilang berlangsung sangat cepat, mulai dari pembahasan di Komisi III dan VI DPR yang segera memberikan persetujuan pada Kamis (26/9). 

Pada hari yang sama, Ketua Umum PSSI juga bertemu dengan Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas, untuk membahas pengambilan sumpah WNI di luar negeri. Setelah itu, Keputusan Presiden diterbitkan, yang kemudian mengesahkan pengambilan sumpah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sebagai warga negara Indonesia.

Pengambilan sumpah keduanya dihadiri oleh wakil dari Kemenkumham, Dirjen AHU (Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum) Cahyo Rahadian Muzhar, serta disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi, dan anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

Penulis : Kiki Luqman Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU