> >

Soal Pro dan Kontra Naturalisasi Pemain Timnas Indonesia, STY Minta Publik Lihat Sisi Positifnya

Sepak bola | 27 September 2024, 15:05 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam konferensi pers jelang laga Timnas Indonesia vs Australia di Jakarta, Senin (9/9/2024). (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), meminta publik melihat sisi positif dari program naturalisasi pemarin. 

Pelatih asal Korea Selatan itu menilai para pemain naturalisasi dapat menjadi fondasi kokoh masa depan sepak bola Indonesia. 

Kendati demikian, STY juga meminta masyarakat untuk tidak salah sangka soal pandangan tersebut yang dinilai mengkerdilkan kans para pemain lokal untuk bisa membela Timnas Indonesia. 

"Memang sekarang kita bisa lihat sendiri. Maksudnya masyarakat dan fan sepak bola Indonesia pada senang dan bahagia pastinya. Dengan adanya pemain-pemain naturalisasi mungkin bisa memosisikan diri kita di sini sekarang," kata STY, Kamis (26/9/2024), dikutip dari Kompas.com

"Mungkin kalau lebih naik lagi, pasti sepak bola Indonesia tidak mudah runtuh, gampang lawan siapa pun."

Baca Juga: DPR Kritik Naturalisasi Timnas, Menpora: Ini Jangka Pendek untuk Naikkan Peringkat FIFA

"Jadi, bisa saja ada yang bilang menyusahkan pemain-pemain lokal, tetapi tolong jangan ada yang salah sangka, kalau kita naik peringkat sampai 50 FIFA, mungkin sepak bola Indonesia tidak mudah runtuh seperti sebelum-sebelumnya."

"Jadi, tolong melihat yang besar, jangan yang kecil saja yang sekarang-sekarang ini," ungkapnya. 

Tidak sedikit yang mengkritik program naturalisasi pemain besar-besaran yang dijalankan PSSI.

Mereka yang mengkritik menilai naturalisasi sebagai cara instan untuk menjadi juara. Selain itu, mereka menilai pembinaan pemain muda di dalam negeri adalah fondasi tim nasional.

Penulis : Gilang Romadhan Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas.com


TERBARU