> >

Pembukaan Kualifikasi Piala Dunia Zona AFC Penuh Kejutan, Bisa Terulang di Indonesia vs Australia?

Sepak bola | 10 September 2024, 17:13 WIB
Pemain Timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pertandingan 16 Besar Piala Asia 2023 antara Australia vs Indonesia di Doha, Qatar, 28 Januari 2024. Laga Indonesia vs Australia pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024) malam. (Sumber: Aijaz Rahi/Associated Press)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC diwarnai berbagai kejutan begitu dimulai pada pekan lalu. Timnas Indonesia pun sukses mengejutkan banyak pihak ketika menahan imbang Arab Saudi 1-1 di Jeddah, Jumat (6/9/2024).

Berbagai tim kuda hitam juga meraih hasil megejutkan selama pekan pertama kualifikasi lalu. Langganan Piala Dunia dari konfederasi AFC, Korea Selatan ditahan imbang 0-0 Palestina di Seoul.

Sementara itu, finalis Piala Asia 2023, Yordania ditahan imbang Kuwait 1-1 juga di kandang sendiri. Kuwait merupakan tim Timur Tengah yang menempati peringkat 135 ranking FIFA dan di bawah Indonesia (132).

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Australia, Berikut Lokasi Tempat Parkir di GBK

Juara bertahan Piala Asia, Qatar juga gagal meraih poin di kandang sendiri. Timnas Qatar dibungkam Uni Emirat dengan skor 1-3.

Calon lawan Timnas Indonesia nanti malam juga merasakan kejutan pahit saat bermain di publik sendiri. Bertanding di Stadion Robina, Queensland, anak asuh Graham Arnold dibungkam Bahrain 0-1.

Dalam pertandingan tersebut, Australia kalah kendati tampil dominan dengan 72 persen penguasaan bola. Soccerros takluk dari Bahrain yang hanya membuat satu tembakan tepat sasaran sepanjang pertandingan.

Apabila menilik tren mengejutkan di pekan perdana putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia tentu patut optimistis jelang menjamu Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (10/9) malam nanti.

Terlebih lagi, Shin Tae-yong berjanji anak asuhnya akan tampil lebih baik dibanding ketika menahan imbang Arab Saudi. Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan skuad Garuda siap mengantisipasi permainan Australia.

“Secara performa, pastinya akan lebih baik ketimbang melawan Arab Saudi kemarin, jadi secara stamina dan performa pertandingan pasti akan lebih baik,” kata Shin dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (9/9).

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU