> >

Menpora Lepas Kontingen Indonesia Menuju Paralimpiade Paris 2024

Sports | 15 Agustus 2024, 20:10 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo secara resmi mengukuhkan dan melepas Kontingen Indonesia untuk bertarung di ajang Paralimpiade Paris 2024. (Sumber: NPC Indonesia)

KARANGANYAR, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo secara resmi mengukuhkan dan melepas Kontingen Indonesia untuk bertarung di ajang Paralimpiade Paris 2024. 

Acara pelepasan tersebut berlangsung pada Kamis (15/8/2024) di Paralympic Training Center, Delingan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Sebanyak 26 atlet dari delapan cabang olahraga hadir dalam acara ini. Sementara itu, lima atlet dari cabang para-panahan dan empat atlet dari cabang boccia telah berangkat lebih awal ke Prancis pada 5 Agustus 2024 lalu.

Dalam sambutannya, Dito Ariotedjo mengungkapkan kekagumannya terhadap semangat para atlet, pelatih, dan ofisial. 

Ia juga memuji perkembangan fasilitas yang dibangun di Delingan, yang kini menjadi pusat pengembangan atlet di bawah naungan National Paralympic Committee (NPC) Indonesia.

"Saya takjub melihat apa yang sedang dibangun hari ini, karena pada akhir Desember lalu, ini masih tanah kosong. Semoga ini bisa menjadi motivasi tambahan bagi para atlet untuk meraih medali sebanyak-banyaknya di Paralimpiade Paris," kata Dito dalam rilis yang diterima Kompas.tv, Kamis.

Menpora juga menilai kontingen Indonesia memiliki modal kuat untuk berlaga di Paralimpiade 2024. 

Adapun jumlah atlet yang berangkat mengalami peningkatan dari 23 orang pada Paralimpiade edisi sebelumnya menjadi 35 orang yang akan bertanding di 10 cabang olahraga.

Hal ini, menurut Dito, merupakan pencapaian yang membanggakan.

Dukungan dari Kemenpora dan NPC Indonesia selama proses kualifikasi juga telah memungkinkan para atlet kita berjuang maksimal. Pemusatan latihan pun ditunjang dengan peralatan serta fasilitas yang memadai.

Dito menegaskan bahwa dukungan seluruh bangsa Indonesia sangat diharapkan untuk para atlet yang akan berlaga di Paris.

Baca Juga: Paralimpiade 2024, Muhammad Fadli Targetkan Lolos 10 Besar

"Hari ini kita berkumpul untuk memberikan dukungan penuh kepada atlet, pelatih serta seluruh tim. Harapan besar bangsa Indonesia ada di pundak kalian semua. Kami yakin dengan kerja keras dan doa seluruh rakyat, tim Indonesia akan membawa pulang hasil yang membanggakan di Paralimpiade 2024," tuturnya.

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU