> >

Soal Penolakan Israel di World Beach Games Bali, Menpora akan Temui Koster, Khawatir Batal Lagi

Sports | 6 April 2023, 14:43 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo saat di Istana Negara Jakarta, Senin (3/4/2023). Menpora Dito Ariotedjo bakal temui Gubernur Bali Wayan Koster soal penolakan keikutsertaan atlet asal Israel dalam ajang ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 di Bali. (Sumber: ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menanggapi penolakan atas keikutsertaan atlet asal Israel dalam ajang ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 yang rencananya digelar di Bali.

Dito mengaku baru mengetahui kabar penolakan atlet Israel di ANOC AWBG 2023 yang disampaikan Gubernur Bali I Wayan Koster dari pemberitaan di media.

"Tanggapan penolakan terhadap event Ini juga baru melihat di media, untuk game ini kita akan komunikasi yang lebih intens dan dilanjutkan dan pastinya saya akan cari solusi," kata Dito, Kamis (6/4/2023), seperti dilaporkan jurnalis Kompas TV, Karima. 

Menpora berusia 32 tahun ini menyebut bakal segera berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, serta menemui Wayan Koster terkait polemik tersebut. 

"Kami agendakan minggu ini. Minggu ini akan kami kejar," kata Dito.

"Untuk saat ini sementara solusinya adalah komunikasi lebih intensif."

Sebelumnya, Wayan Koster mengaku penolakan terhadap kedatangan Israel tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Luar Negari (Permenlu) Nomor 3 Tahun 2019.

Dito mengaku bakal mempelajari klaim Koster lebih lanjut untuk digunakan sebagai bahan diskusi dengan Gubernur Bali tersebut. 

"Saya ingin mendapatkan untuk lengkapnya bahan itu akan saya bawa. Juga dengan Gubernur Bali saya tidak mau asumsi itu kan baru asumsi dan itu tidak resmi kan, jadi kita pakai kacamata pemerintahan apa aturan dan kesepakatan yang ada. Yang sudah dilakukan berarti kita harus respons sesuai aturan," ujarnya. 

Baca Juga: Kata Jokowi Saat Koster Tolak Kehadiran Kontingen Israel di ANOC World Beach Games

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU