> >

Dua Kali Gubernur Koster Tolak Israel di Bali, Terbaru World Beach Games 2023, akan Batal Lagi?

Sports | 6 April 2023, 11:55 WIB
Gubernur Bali I Wayan Koster soal tolak Israel (Sumber: Humas Pemprov Bali )

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Bali I Wayan Koster tercatat dua kali dalam waktu yang berdekatan menolak kedatangan tim olahraga Israel ke provinsi Bali selama tahun 2023 ini. 

Pertama, ia menolak tim Israel di Piala Dunia U20, drawing Piala Dunia U20 pun batal digelar di Bali.

Bahkan, politisi PDIP tersebut membuat surat resmi pada 14 Maret 2023 bernomor T.00.426/11470/SEKRET tentang penolakan Isreal di Bali. 

"Kami mohon agar Bapak Menteri mengambil kebijakan untuk melarang Tim dari Negara Israel ikut bertanding di Provinsi Bali. Kami, Pemerintah Provinsi Bali menyatakan menolak keikutsertaan Tim dari Negara Israel untuk bertanding di Provinsi Bali," bunyi isi surat tersebut. 

Penolakan Israel di Bali itu diduga sebagai alasan FIFA mencopot Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20. 

Baca Juga: Dibayangi Penolakan Israel, Ini Kronologi Lengkap Bali Jadi Tuan Rumah World Beach Games 2023

Kedua, penolakan terhadap kedatangan kontingen Israel di pagelaran  World Beach Games (AWBG) 2023 yang bakal digelar di Bali pada 5-12 Agustus 2023 yang diadakan oleh Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC). 

 Wayan Koster beralasan,  penolakan terhadap Israel berdasarkan konstitusi Republik Indonesia dan Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu).

“Berdasarkan pada konstitusi. Yang kedua dasarnya adalah Peraturan Luar Negeri Nomor 3 Tahun 2019,” kata I Wayan Koster usai menghadiri kegiatan di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Rabu (5/4/2023).

Sebagai informasi, Bali erupakan tuan rumah kedua dalam sejarah olahraga pantai ini. Edisi perdana  World Beach Games dilaksanakan di Doha, Qatar, pada 2019 lalu.

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU