> >

Tak Ingin Bernasib seperti Malaysia, Shin Tae-yong Tegaskan Indonesia Harus Berani Lawan Vietnam

Kompas sport | 15 Desember 2021, 17:02 WIB
Shin Tae-yong menegaskan bahwa Timnas Indonesia tidak takut melawan Vietnam di Piala AFF 2020. (Sumber: AFF)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menegaskan timnya harus tampil tanpa rasa takut saat menghadapi Vietnam jika tidak ingin bernasib sama dengan Malaysia. 

Asnawi Mangkualam dkk akan menghadapi ujian pertama mereka di Piala AFF 2020 saat bentrok dengan Vietnam, Rabu (15/12/2021). 

Dalam laga nanti malam pukul 19.30 WIB, Shin Tae-yong berharap anak asuhnya tampil tanpa rasa takut untuk mengimbangi kualitas dari Vietnam. 

Meski harus tetap menaruh rasa hormat kepada kekuatan Vietnam yang menjadi tim terkuat di Piala AFF 2020, Skuad Garuda dilarang untuk merasa inferior dari Golden Star. 

"Memang cukup bisa berpikir seperti itu (Malaysia terlalu menaruh hormat pada Vietnam), tetapi pemain muda kami mempersiapkan diri untuk yang terbaik di lapangan. Untuk itu pemain jangan takut, harus kerja keras, dan bermain maksimal," kata Shin Tae-yong dikutip KompasTV dari laman resmi PSSI.

Baca Juga: Piala AFF: Elkan Baggott Absen Lawan Vietnam, PSSI: Kasusnya Beda dengan Safawi Rasid

"Pastinya Vietnam tim yang baik. Meskipun kalah enam kali di Kualifikasi Piala Dunia, tetapi mereka yang terkuat di Piala AFF 2020," kata pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Lebih lanjut Shin Tae-yong berharap Timnas Indonesia bisa menunjukkan performa yang lebih konsisten saat menghadapi Vietnam daripada ketika bertemu Kamboja dan Laos. 

"Memang bisa berbeda beda gaya permainan kami, terhadap tim yang kami lawan. Kadang performa pertandingan naik dan turun. Kami lebih baik di babak pertama saat melawan Kamboja. Tetapi lawan Loas, kami lebih baik lagi di babak kedua. Situasi pertandingan berbeda-beda," ucap Shin Tae-yong.

Pada penyisihan grup B Piala AFF 2020, Indonesia untuk sementara memimpin klasemen dengan poin 6. Meski memiliki nilai yang sama dengan Vietnam, pasukan Garuda lebih unggul dalam jumlah selisih gol. 

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU