> >

Waspada, Ini Daerah di Indonesia yang Jadi Episenter Covid-19

Berita kompas tv | 25 April 2020, 19:25 WIB

 

Peta kasus Covid-19 di Jakarta. Titik merah menandakank kasus positif corona, sementara titik kuning merupakan sebaran suspect kasus corona. Hampir seluruh kelurahan di Jakarta terinfeksi virus ini. (Sumber: (Situs Covid-19 Pemprov DKI Jakarta))

JAKARTA, KOMPASTV – Pemerintah mengingatkan agar masyarakat dari daerah yang memiliki kasus positif virus corona (Covid-19) tinggi dan daerah yang menetapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berpotensi membawa virus ketika bepergian.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan, provinsi yang menetapkan PSBB merupakan episenter virus corona. Begitu juga daerah yang menjadi zona merah. 

Masyarakat yang tinggal di episenter tersebut harus menyadari bahwa dirinya berpotensi membawa virus ketika bepergian. 

Baca Juga: Cara Berpuasa Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

"Ini yang harus kita cermati dan kita pantau dengan baik," ujar Yurianto saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (25/4/2020).

Pemerintah tetap melakukan pemantauan secara cermat kepada orang yang bepergian dari wilayah episenter Covid-19 ini. Di sisi lain Yurianto juga meminta masyarakat cermat memantau setiap pendatang atau orang yang bepergian dari dari episenter tersebut.

Yurianto juga meminta agar setiap orang yang berasal dari wilayah episenter melakukan isolasi diri selama 14 hari dan tetap berada di rumah.

"Kita harus cermat untuk melakukan pemantauan pada setiap orang yang memiliki riwayat bepergian dari daerah episenter," ujar Yuri.

Baca Juga: Kepulauan Seribu Konfirmasi 4 Kasus Perdana Covid-19, Satu Pasien Punya Riwayat Ikut Tabligh Akbar

Penulis : Johannes-Mangihot

Sumber : Kompas TV


TERBARU