> >

KPK Periksa Saksi Kunci dalam Kasus Dugaan Suap KPU

Berita kompas tv | 12 Februari 2020, 23:58 WIB
Eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan setelah diperiksa penyidik di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (5/2/2020) (Sumber: KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

JAKARTA, KOMPASTV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa salah satu saksi kunci dalam kasus dugaan suap pergantian antar waktu dengan tersangka mantan komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Saksi atas nama Donny Tri Istiqomah usai pemeriksaan mengakui pernah dititipi uang empat ratus juta rupiah dari Kusnadi yang merupakan ajudan pribadi Hasto untuk diberikan pada Saiful, salah satu tersangka dalam kasus ini.

Nama Donny Tri Istiqomah dinilai saksi kunci karena disebut-sebut sebagai orang kepercayaan Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

Donny juga sempat diamankan saat OTT KPK namun kemudian dilepaskan dengan status sebagai saksi.

Uang tersebut diberikan pada Syaiful dan dari Syaiful akan diberikan kepada Tio, Syaiful dan Tio sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka pemberi suap pada Wahyu Setiawan.

Walau tahu bahwa uang tersebut berasal dari ajudan Hasto namun Syaiful membantah uang tersebut berasal dari kantong Hasto, sebaliknya Donny bersikeras bahwa uang tersebut berasal dari Harun Masiku yang hingga saat ini masih dicari keberadaannya.

Penulis : Theo-Reza

Sumber : Kompas TV


TERBARU