> >

Setelah Retret Bersama Prabowo di Akmil Magelang, Nazaruddin Umar Mau Meniru di Kemenag

Peristiwa | 28 Oktober 2024, 10:32 WIB
Presiden Prabowo Subianto, Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka, dan anggota kabinet melaksanakan kegiatan baris-berbaris di Akmil, Magelang, Jumat (25/10/2024). (Sumber: Dokumen Kantor Komunikasi Kepresidenan)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Setelah Presiden Prabowo Subianto mengajak para pembantunya retret tiga hari di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, pada akhir pekan lalu, Menteri Agama (Menag) Nazaruddin Umar tertarik meniru hal yang sama di Kementerian Agama (Kemenag) RI.

"Ya, retret artinya mengajak kita produktif dan seragam, kaya solat berjamaah, ada imam dan ada makmumnya juga. Makmum tidak boleh melampai imam. Intinya retret itu sangat besar manfaatnya," ujar Menag sesaat setelah mendarat di Halim Perdanakusuma, Minggu (27/10/2024).

Menag Nasaruddin berharap, retret memperkuat soliditas dan sinergi antar anggota kabinet terutama di Kemenag dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan. Ia menambahkan, retret sangat bagus untuk menjaga kekompakan dan kerjasama. Ia menganalogikan esensi retret sama dengan esensi solat.

Baca Juga: Menlu Sugiono Langsung ke Retret Kabinet di Akmil Magelang usai Hadiri KTT BRICS

Menag pun menilai pelaksaanaan retret ini sangat mungkin dilaksanakan juga di Kementerian Agama.

"Sangat efektif, kami pun akan melakukan hal yang sama, dan Kementerian Agama harus jadi contoh," jelasnya dikutip dari situs Kemenag.

Sementara itu, Wamenag Romo Syafi’i juga menjelaskan giat retret ini bentuk konsolidasi Kabinet Merah Putih di bawah Pimpinan Presiden Prabowo dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Prabowo Tegaskan Retret Kabinet Merah Putih di Magelang Bukan untuk Jadi Militeristik

"Pada dasarnya kita kan mendapat penjelasan lebih tegas, arah pembangunan yang menjadi visi dan misinya Pak Prabowo. Tapi kemudian penjelasan itu menjadi semakin berarti karena dikonsolidasikan dengan semua," sambung Romo.

 

Penulis : Iman Firdaus Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV, kemenag.go.id


TERBARU