> >

Kabinet Merah Putih Prabowo Gibran Pulang Retret, Warga dan Anak Sekolah Padati Akmil Magelang

Peristiwa | 27 Oktober 2024, 09:45 WIB
Presiden Prabowo Subianto (kiri) didampingi Menteri Pertahanan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin (kedua kiri), Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto (kedua kanan) dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo (kanan) melakukan inspeksi pasukan dalam Parade Senja di Lapangan Pancasila, Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). (Sumber: Kompas.tv/Ant)

MAGELANG, KOMPAS.TV - Warga dan siswa sekolah berkumpul di luar Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, jelang pembubaran retret Kabinet Merah Putih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Minggu (27/10/2024). Agenda retret ini digelar selama dua hari sejak Jumat (25/10).

Ratusan warga dan siswa sekolah terpantau memadati area luar Akmil jelang kepulangan Prabowo beserta jajaran menteri, wakil menteri, utusan khusus, dan staf khusus. Masyarakat setempat telah memadati kawasan Akmil sejak pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB.

Baca Juga: Luhut Jadi Pemateri Hari Kedua Pembekalan Kabinet Prabowo di Akmil, Cerita Pengalaman Semasa Tugas

Jajaran Kabinet Merah Putih sendiri dijadwalkan keluar dari Akmil sekitar pukul 10.00 WIB. Dari Akmil Magelang, kabinet Prabowo-Gibran dilaporkan akan menuju Bandara Adisucipto Yogyakarta kemudian pulang ke Jakarta.

Seorang siswa SMA yang ikut berkumpul di luar Akmil mengaku ingin melihat langsung sosok Presiden Prabowo. Siswa bernama Dila itu mengaku ingin melihat Prabowo karena dianggap seorang jenderal yang disegani.

"Harapan saya pada pak prabowo ini, pendidikannya semakin bagus, pendidikan militernya gratis," kata Dila saat diwawancara Kompas TV, Minggu (27/10).

"(Ingin lihat) Pak Prabowo, karena dia jenderal yang disegani semua orang."

Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka juga tampak turun dan mengampiri warga sembari membagikan buku sesaat keluar dari Akmil Magelang menuju Bandara Adisucipto Yogyakarta.

Usai retret, jajaran wakil menteri Prabowo dilaporkan akan gantian naik pesawat Hercules untuk pulang. Sebelumnya, Prabowo menempatkan semua menteri dalam pesawat Hercules saat perjalanan berangkat ke Magelang, Kamis (24/10) lalu.

Presiden Prabowo Subianto mengaku mengadakan retret bukan karena ingin membuat kabinet yang militeristi. Ketua Umum Partai Gerindra itu mengaku ingin kabinetnya belajar the military way.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU