> >

Kemendikdasmen Prioritaskan Peningkatan Kualitas Guru untuk Dukung Visi Pendidikan Sains-Teknologi

Peristiwa | 25 Oktober 2024, 15:28 WIB
Ilustrasi Guru mengajak siswanya mencari luas lingkaran dengan mengaitkan penyelidikan masalah di dalamnya. (Sumber: Dok. Tanoto Foundation via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) menetapkan peningkatan kualitas guru sebagai fokus utama program kerja dalam waktu dekat. Program ini sejalan dengan visi pemerintahan Prabowo-Gibran yang menargetkan peningkatan kemampuan siswa di bidang sains dan teknologi.

Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu'ti menegaskan bahwa peningkatan kualitas guru akan difokuskan pada penguatan kemampuan numerasi dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

"Pendidikan ke depan tidak hanya sekadar mengajarkan dan mentransformasikan ilmu, tetapi juga berkaitan dengan pemenuhan nilai dalam setiap bidang studi," jelas Mu'ti, Kamis (24/10/2024) dikutip dari Antara.

Program peningkatan kualitas guru ini akan dilaksanakan melalui beberapa pendekatan strategis. Salah satu aspek penting yang akan mendapat perhatian khusus adalah penguatan bimbingan konseling (BK) yang akan dilakukan melalui dua metode:

  1. Peningkatan kualitas guru BK
  2. Pelatihan konseling bagi guru bidang studi

Baca Juga: Program 100 Hari Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, Ingin Sederhanakan Perizinan Sektor Energi

Kemendikdasmen juga memberikan kabar baik terkait kesejahteraan guru. Abdul Mu'ti mengonfirmasi bahwa anggaran untuk peningkatan gaji dan kesejahteraan guru telah dialokasikan dalam APBN 2025, meskipun besaran nominal kenaikan tersebut belum dapat diungkapkan secara detail.

"Harapan kami, ketika kesejahteraan guru meningkat dapat diikuti dengan semangat mendidik yang meningkat. Dengan guru yang berkualitas, maka proses dan hasil pembelajaran pun akan berkualitas," tegas Mu'ti.

Peningkatan kesejahteraan ini diharapkan dapat berkorelasi positif dengan peningkatan kualitas pengajaran di masing-masing bidang studi.

Hal ini menjadi penting mengingat peran guru yang sangat strategis dalam membentuk generasi yang unggul di bidang sains dan teknologi.

Fokus pada peningkatan kemampuan numerasi dan IPA sejalan dengan tuntutan era digital yang membutuhkan sumber daya manusia dengan kompetensi tinggi di bidang sains dan teknologi. Melalui program ini, diharapkan kualitas pendidikan Indonesia dapat meningkat dan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di tingkat global.

Penulis : Danang Suryo Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU