> >

Peringatan Dini BMKG, Waspada Gelombang Tinggi di Wilayah Samudera Hindia

Peristiwa | 24 Oktober 2024, 20:38 WIB
Ilustrasi Gelombang tinggi. (Sumber: Park Ji-ho/Yonhap via AP)

MEDAN, KOMPAS.TV - Stasiun Meteorologi Maritim Belawan, Sumatera Utara mengeluarkan peringatan mengenai potensi gelombang tinggi yang diperkirakan akan terjadi di wilayah Samudera Hindia barat Sumatera. 

Gelombang setinggi 1,5 hingga 2 meter diprediksi terjadi mulai Kamis malam (24/10) hingga Jumat pagi (26/10).

Rizki Fadhillah, Prakirawan dari Stasiun Meteorologi Maritim Belawan menjelaskan, selain di Samudera Hindia barat Sumatera, gelombang dengan ketinggian serupa juga berpotensi melanda perairan utara Pulau Sabang dan perairan barat Aceh. 

Ia juga mengingatkan, pola angin di perairan utara Sumatera umumnya bergerak dari barat ke barat laut dengan kecepatan mencapai 20 knot, yang turut mempengaruhi kondisi gelombang.

"Kondisi gelombang tinggi tersebut berpotensi terjadi pada Kamis (24/10) malam hingga Jumat (26/10) pagi," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Rizki Fadhillah di Medan, Kamis.

Baca Juga: BMKG: Hujan Disertai Petir Diprediksi Terjadi di 5 Kota Indonesia Kamis 24 Oktober 2024

Para nelayan, pemilik kapal, serta masyarakat pesisir pantai diimbau untuk lebih berhati-hati dan waspada terhadap potensi gelombang tinggi yang dapat membahayakan aktivitas di laut.

"Bagi nelayan dan pemangku kepentingan lainnya, juga warga yang bermukim di tepi pantai diimbau agar waspada dengan potensi terjadi gelombang tinggi tersebut," katanya dikutip dari Antara.

Selain peringatan gelombang tinggi, prakiraan cuaca dari BMKG Wilayah I Medan menunjukkan bahwa Sumatera Utara akan mengalami cuaca yang bervariasi pada Jumat (25/10). 

Pagi hari diprediksi cerah berawan, dengan potensi hujan ringan di wilayah Langkat.

Penulis : Kiki Luqman Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU